nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kendaraan Dinas Ridwan Kamil, Mirip Motor Listrik Benlg Buatan China

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 15 2074544 kendaraan-dinas-ridwan-kamil-mirip-motor-listrik-benlg-buatan-china-pCI1PIoXhD.jpg Motor ListrikBenlg buatan China (foto: ist)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, baru saja memposting penggunaan kendaraan dinas roda dua terbarunya yang memiliki teknologi ramah lingkungan,  terlihat dari unggahan pada akun Instagramnya, Rabu (3/7/2019) kemarin. Ia menyebut motor listrik yang dikendarainya merupakan hasil pengembangan PT Arindo Pratama dengan sebutan Sugeng Darma Rizqi (SDR).

Melalui penelusuran Okezone, motor listrik tersebut terlihat mirip dengan model MCF004 milik pabrikan asal Tiongkok, BENLG. Dalam penjelasannya pun, Pabrikan yang berbasis di Dongguan, Guangdong tersebut sudah mengekspor produknya ke 10 negara.

 Motor Listrik

Dalam unggahan melalui Instagram, Ridwan menyebut motor listrik dinasnya dapat mencapai jarak 80 kilometer dengan satu jam isi daya baterai. Jumlah itu terlihat lebih jauh dari perkiraan tempuh MCF004 yang menurut situs BENLG maksimal menempuh 60 kilometer.

Pengisian daya baterai optimal model MCF004 sendiri berkisar antara 6-8 jam. Hal itu untuk memaksimalkan kekuatan baterai 72V 20 Ah Lead Acid dengan kekuatan maksimal 2500 W. Untuk mengendalikan kecepatan motor tersebut, terdapat sistem rem cakram pada bagian depan dan belakang.

 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama PT Arino berencana mendistribusikan 1.000 unit motor listrik ini kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Harapannya, motor tersebut bisa digunakan sebagai alat usaha dengan sistem bagi hasil berdasar jasa ojek atau pun kurir. Namun, belum ada kabar resmi kapan program ini dijalankan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini