nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suzuki Dobrak Pemahaman Konsumen Servis di Bengkel Resmi Mahal

Mufrod, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 18:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 15 2074708 suzuki-dobrak-pemahaman-konsumen-servis-di-bengkel-resmi-mahal-Mqb8El5O8S.jpg Mekanik Suzuki lakukan servis perawatan mobil (foto: Ist)

JAKARTA - Banyak konsumen pemilik mobil hingga saat ini enggan melakukan servis di bengkel resmi. Salah satu kendala yang dikhawatirkan yakni biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih mahal dibanding memperbaiki di bengkel umum. Hal inilah yang kemudian menjadi fokus PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk terus memberikan pemahamahan servis di bengkel resmi tidak mahal.

Menurut Totok Yulianto, 4W Service Section Head PT SIS, kondisi tersebut dikarenakan konsumen tidak mengetahui apa yang didapat saat melakukan di bengkel resmi Suzuki. Menurutnya, apa yang diberikan di bengkel resmi masih dinilai sesuai dengan apa yang didapat oleh konsumen, termasuk jaminan terhadap suku cadang yang digunakan jika harus melakukan penggantian.

 

Saat ini Suzuki sendiri terus melakukan edukasi terhadap keuntungan bagi konsumen melakukan servis melalui bengkel resmi, dimana proses pemahaman yang telah dilakukan Suzuki mampu meningkatkan jumlah kunjungan konsumen yang melakukan servis di seluruh jaringan bengkel resmi Suzuki seluruh Indonesia.

 bengkel resmi suzuki

"Saat ini tercatat terdapat 81.798 unit per bulan yang masuk ke jaringan bengkel resmi Suzuki dengan service coverage sebesar 38,7%. Jumlah tersebut tahun ini akan terus ditingkatkan," kata Totok.

Tahun ini, Suzuki menargetkan kunjungan konsumen ke bengkel hingga 90 ribu unit kendaraan setiap bulannya. Jumlah tersebut diyakini akan tercapai seiring pemahaman konsumen terhadap keuntungan melakukan servis di bengkel resmi dinilai reasonable.

Hingga saat ini, Totok mengungkapkan, jumlah perbaikan di bengkel resmi masih didominasi oleh kendaraan penumpang sebesar 80 persen, sedangkan mobil komersil hanya mencapai 40 persen. Kendala jumlah kunjungan tersebut dimaklumi karena banyak kendaraan setiap harinya terus digunakan untuk operasional dan berdagang.

 

Karenanya berbagai langkah terus dilakukan Suzuki untuk mengedukasi kesadaran konsumen untuk melakukan perawatan mobilnya di bengkel resmi, salah satu cara yang dilakukan yakni dalam program Suzuki Day, dimana Suzuki memberikan servis gratis sekaligus memaparkan kenyamanan dan biaya yang dikeluarkan konsumen masih sangat terjangkau.

Tak hanya itu Suzuki juga telah melakukan pencapaian sepanjang 2018, tercatat sebanyak 1.001.456 unit kendaraan servis di bengkel resmi Suzuki atau meningkat 7,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Suzuki juga menyediakan layanan purnajual melalui online booking di suzuki.co.id yang memudahkan pelanggan mengatur jadwal servis dan memilih dealer terdekat dengan lokasi pelanggan. Untuk memudahkan konsumen, Suzuki menyediakan layanan home service dan 24-Hour Suzuki Emergency Roadside Assistance (24H SERA), di mana tim servis Suzuki akan melakukan pemeriksaan awal bagi pengguna kendaraan Suzuki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini