Kota Ini Gunakan Lampu Merah Ditanam ke Aspal, Simak Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 04 15 2074728 kota-ini-gunakan-lampu-merah-ditanam-ke-aspal-simak-alasannya-ZTNlQjb6yv.jpg Lampu merah ditanam ke aspal (foto: Gaadiwaadi)

HYDERABAD - Masalah pengendara motor yang menerobos lampu lalu lintas mendorong Kepolisian wilayah Hyderabad untuk melakukan eksperimen. Mereka menanam rangkaian lampu LED pada permukaan jalan salah satu titik yang berhubungan langsung dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

Perangkat tersebut akan memberi isyarat kepada pengendara dari arah bawah dan lebih jelas terlihat ketika malam hari. Harapannya, teknologi ini dapat mengurangi gejala pengendara yang menerobos persimpangan dengan beralasan tidak melihat isyarat pada APILL di area tersebut.

 

Pantulan perangkat bantu isyarat lalu lintas berteknologi LED ini diklaim mampu terlihat dari jarak cukup jauh. Hal tersebut dapat memberi bantuan pada pengendara jika pandangan ke arah APILL konvensional tertutup pepohonan atau kendaraan berukuran lebih besar.

Desain lampu LED yang tertanam tersebut diklaim mampu bertahan saat cuaca hujan maupun ketika jalanan tergenang. Jika dinilai sukses, alat serupa akan diterapkan pada sejumlah wilayah dan kota lain seantero India.

 

Konsep serupa menarik untuk diterapkan di Indonesia terlebih dengan pola dan kepadatan lalu lintas yang mirip. Bahkan kemasan perangkat lampu berteknologi LED bisa disesuaikan dengan perkembangan tata kota yang lebih modern seperti Jakarta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini