nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JLR Gelontorkan Investasi Bangun Pabrik Mobil Listrik Baru

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 18:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 05 15 2075153 jlr-gelontorkan-investasi-bangun-pabrik-mobil-listrik-baru-laWzbrPWDW.jpg Jaguar Land Rover (foto: Ist)

LONDON - Fasilitas pabrik di Castle Bromwich, Inggris akan menjadi pusat produksi mobil listrik dari produsesn Jaguar Land Rover (JLR). Hal tersebut ditegaskan oleh CEO JLR, Ralf Speth, seperti dikutip oleh BBC. Bersamaan dengan itu juga terkuak rencana JLR untuk menanamkan investasi ratusan juta paun untuk mengembangkan pabrik di wilayah Birmingham tersebut.

Kepastian mengenai lokasi produksi lini mobil listrik JLR ini muncul seiring rencana mereka membuat generasi baru model XJ. Edisi terakhir seri sedan mewah berukuran besar tersebut sebelumnya menggunakan pilihan mesin bensin ataupun diesel. "Masa depan penggerak mobil adalah motor listrik. Hal ini sesuai dengan komitmen kami mengurangi emisi di Inggris," ujar Speth.

 Jaguar Land Rover

Langkah awal dalam proses pengembangan sekaligus produksi mobil listrik JLR adalah pemenuhan kebutuhan paket baterai mereka. Solusi tersebut diharapkan dapat selesai pada 2020 mendatang, dengan selesainya proyek Pusat Perakitan Baterai Hams Hal. Fasilitas itu diperkirakan dapat memproduksi 150 ribu unit baterai untuk kebutuhan produksi JLR.

Produksi unit model bertenaga motor listrik JLR saat ini dilakukan di lokasi berbeda yakni Solihull, Inggris dan Graz, Austria. Pabrik di wilayah Solihull merakit model listrik dari tipe Range Rover serta varian Range Rover Sport bermesin hybrid. Sedangkan tipe I-Pace yang disebut sebagai supercar listrik milik JLR dirakit di pabrik Graz.

 JLR

Investasi dan pengembangan mobil listrik seperti tengah ngetren di sejumlah produsen asal Inggris. Tidak jarang mereka rela berkorban banyak untuk dapat terjun dengan optimal di pasar mobil listrik. Niat pengembangan JLR sudah diikuti oleh produsen supercar Inggris lain seperti Aston Martin dan Bentley.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini