Share

Peraturan Mobil Listrik Diprediksi Gaikindo Meluncur Bulan Ini

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2019 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 06 15 2075406 peraturan-mobil-listrik-diprediksi-gaikindo-meluncur-bulan-ini-dn4BoqfQS6.jpg Aturan mobil listrik (foto: Ist)


JAKARTA - Ditengah penantian para pelaku industri automotif terkait dikeluarkannya aturan kendaraan ramah lingkungan atau low carbon emission vehicle (LCEV), Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tengah menanti peraturan tersebut guna mempersiapkan standarisasi produksi atas peraturan yang telah ditetapkan.

Pemerintah sendiri melalui Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyebutkan aturan tersebut telah rampung dan dalam waktu dekat akan dikeluarkan oleh pemerintah. Hal senada juga diungkap Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi yang menyebutkan aturan pemerintah akan segera diterbitkan.

 Mobil listrik

"Kami baru dengan kemarin, mudah-mudahan aturan tersebut bisa dikeluarkan sebelum penyelenggaraan GIIAS 2019," kata Nangoi di Jakarta beberapa hari lalu.

Para pelaku industri automotif sendiri saat ini terus menanti hadirnya regulasi baru terkait kendaraan rendah emisi. Karena melalui aturan tersebut, industri automotif nasional akan mengacu pada payung aturan atau regulasi yang telah dibuat oleh pemerintah.

Pengembangan dan kesiapan industri automotif nasional sendiri sebelumnya telah mengungkap kesiapan terhadap pengembangan mobil listrik di Indonesia, mengingat negara prinsipil seluruh produsen automotif di Indonesia lebih dulu meluncurkan berbagai model kendaraan listrik.

Meski demikian kendaraan listrik yang akan dipasarkan di Indonesia akan disesuaikan dengan regulasi atau payung aturan yang telah dibuat oleh pemerintah sendiri.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini