nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Rasakan Dampak Kenaikan Bea Balik Nama

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 09 52 2076777 toyota-rasakan-dampak-kenaikan-bea-balik-nama-syE9jtR8om.JPG Board Director PT Toyota Astra Motor (TAM) (Foto: Medikantyo/Okezone)

JAKARTA - Peluang kenaikan Bea Balik Nama dan Pajak Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta mendapat tanggapan serius dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Mereka menggunakan penghitungan dampak di sejumlah daerah lain seperti Jawa Barat untuk memprediksi pengaruh faktor serupa di Jakarta. Hal tersebut dinyatakan oleh Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Wacana kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor terutama Bea Balik Nama (BBN) wilayah DKI Jakarta memang terbilang lebih lambat dari daerah lain. Namun, tidak dapat dipungkiri kenaikan biaya tersebut berpengaruh kepada harga jual kendaraan dan minat para konsumen untuk membeli mobil baru. "Harga pasti akan menyesuaikan dengan hal tersebut," ujar Anton kepada awak media.

 Board Director Toyota Astra Motor

Pihak TAM sendiri masih mempelajari dampak jangka panjang dari kenaikan BBN di wilayah DKI Jakarta ini. Berdasar dari pengalaman kenaikan bea serupa daerah lain seperti Jawa Barat, Anton sudah mendapat angka perkiraan mengenai penurunan penjualan. "Dibandingkan periode serupa pada tahun sebelumnya, setelah ada penerapan kenaikan BBN di daerah tersebut ada penurunan sebesar 2 hingga 3 persen," katanya.

Gejala serupa belum tentu terjadi pada konsumen DKI Jakarta dan sekitarnya. Bisa jadi reaksi negatif akibat faktor biaya eksernal tersebut hanya akan terasa pada periode awal pemberlakuan peraturan tersebut. "Pasar kedua daerah jelas berbeda. Tetapi, ada beberapa gejala kemiripan yang mungkin terjadi dalam jangka pendek," ucap Anton lebih lanjut.

 

Toyota sendiri berusaha menggenjot animo pasar dengan menampilkan jajaran produknya pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang. Dalam perhelatan pada 18-28 Juli nanti, Toyota menampilkan total 23 kendaraan berbagai segmen serta mengenalkan tiga produk baru ke pasar Indonesia.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini