nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap, Begini Rancangan Mobil Listrik dari Mini

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 07:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 10 52 2076860 terungkap-begini-rancangan-mobil-listrik-dari-mini-FHcTJLspwj.jpg Mini Cooper S E (Foto: Ist)

LONDON - Awal pekan ini diramaikan dengan gebrakan MINI yang menyingkap hasil pengembangan mobil listrik mereka kepada publik. Model yang diberi nama Mini Cooper S E itu masih membawa desain khas hatchback tiga pintu pabrikan tersebut. Desain tersebut sengaja mereka pertahankan dengan memberikan detail unik sebagai pembeda dibandingkan model lain.

Motor utama penggerak Mini Cooper S E ini mampu mengeluarkan kekuatan maksimal hingga 181 hp. Seperti dikutip oleh autocar.co.uk, paket baterai utama sebagai sumber tenaga dengan kapasitas 32,6 kWh berada di bawah kursi penumpang. Kabarnya, paket motor serupa terdapat pada model BMW i3s yang dirilis pada 2018 lalu. Bedanya, sistem kendali pada Mini Cooper S E ini menggunakan kemudi roda depan (FWD) dibanding saudara jauhnya yang memilih sistem kemudi roda belakang (RWD).

 Mini Cooper SE

Paket penggerak pada model Mini Cooper S E ini diklaim dapat membawa mobil tersebut menempuh jarak sekitar 199,5 hingga 231 kilometer. Pengguna mobil ini dapat melajukan kendaraannya dengan kecepatan maksimal hingga kisaran 150 kilometer per jam. Kombinasi jarak tempuh dan kecepatan maksimal model ini diperoleh dengan pertimbangan medan berkendara dan durasi pengisian daya ulang baterai di wilayah perkotaan.

Durasi pengisian daya baterai model ini sendiri diperkirakan berbeda berdasar sumbernya. Baterai akan terisi sekitar 80 persen ketika pengguna mengisi daya dari stasiun pengisian publik berdaya 50 kW selama 35 menit. Sedangkan, jika melakukan pengisian daya ulang di rumah, dengan asumsi daya 11 kW, baterai tersebut membutuhkan waktu hingga 210 menit untuk terisi penuh.

 

Mini Cooper S E, atau nantinya dipasarkan sebagai Mini Electric di Inggris, siap memulai debutnya pada Frankfurt Motor Show, September nanti. Proses produksinya sendiri baru akan berlangsung pada November di pabrik MINI, wilayah Oxford, Inggris. Model ini diperkirakan baru akan sampai di tangan konsumen Inggris sendiri, Maret 2020 nanti.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini