nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Avanza Bermesin 1,3 Liter Jadi Tulang Punggung Penjualan Toyota

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 12:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 10 52 2076998 avanza-bermesin-1-3-liter-jadi-tulang-punggung-penjualan-toyota-kMwOk2lT1d.jpg Toyota Avanza (Foto: Okezone)

JAKARTA - Popularitas Toyota Avanza di pasar automotif nasional saat ini masih cukup kuat, meski Mitsubishi Xpander terus membayangi popularitasnya sebagai kendaraan keluarga terlaris pertama di Indonesia. Dari dua model yang ditawarkan, Toyota Avanza bermesin 1.3 liter menjadi yang terlaris.

Bahkan data penjualan yang dimiliki Toyota, menurut Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy penjualan Avanza dengan kapasitas mesin terkecil itu, berhasil menyumbangkan total market dari Avanza sebesar 70 persen. Angka ini memposisikan Avanza 1.3 menjadi model terlaris dibanding 1.5 liter.

 Avanza

Anton menyebut konsumen Avanza kebanyakan mengambil opsi 1.300 cc karena sudah mencukupi kebutuhan mereka serta sepadan dengan harga.

Bahkan porsi penjualan tipe 1.300 cc tersebut unggul cukup jauh dibandingkan tipe mesin Avanza lain. Tidak hanya para konsumen individu, varian mesin ini laris dipesan oleh pembeli dari kalangan perusahaan. "Porsi penjualan tipe 1.300 mencapai sekitar 70 persen dari seluruh penjualan Avanza," ujar Anton menjelaskan.

Pamor yang terbilang stabil membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) masih berniat untuk mengoptimalkan model Toyota Avanza. Bahkan, boleh dibilang varian tersebut menjadi merk papan atas untuk segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV). Terlepas, dengan kehadiran pesaing seperti Mitsubishi Xpander.

Kepercayaan diri pihak TAM sendiri tercermin dari pernyataan Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy. Menurutnya, perubahan minor yang telah terpasang pada model Avanza terbaru diharapkan dapat membantu posisi kuat produk tersebut di pasar segmen MPV. "Kombinasi fungsionalitas dan fitur emosional seperti desain jadi kebutuhan utama segmen ini," katanya.

 

Toyota Avanza sendiri nantinya akan menempati Every Day Life Zone. Yakni, salah satu dari enam zona pameran di panggung produsen asal Jepang itu di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Dalam zona yang sama, akan terpajang juga Toyota Innova, Calya, Veloz, dan HiAce.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini