nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Ini Letupkan Tenaga Gahar 2.000 HP

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 13:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 17 52 2080054 mobil-listrik-ini-letupkan-tenaga-gahar-2-000-hp-ui1rXYZXyF.jpg Hypercar Lotus Evija (Foto: Ist)

LONDON - Lotus menjadi pabrikan pertama yang berinisiatif membangun Hypercar Listrik yang mereka namai Evija. Tipe ini mulai meluncur dengan perkenalan di London, Inggris pada Rabu (17/7/2019). Ini menjadi produk pertama Lotus sejak kali terakhir meluncurkan Evora pada 2008 lalu.

Model ini tidak diciptakan untuk berhadapan langsung dengan hypercar konvensional seperti Aston Martin Valkyrie atau Mercedes-AMG ONE. Namun, pihak Lotus menyebut kemampuan Evija bisa dibandingkan dalam hal akselerasi menuju kecepatan maksimal. "Hanya butuh sembilan detik bagi Evija untuk mencapai 300 km/jam," ujar Direktur Eksekutif Teknik Lotus, Matt Windle.

 Evija Listrik

Hal tersebut memungkinkan dengan adanya paket baterai 70kWh lithium-ion. Lotus menargetkan keluaran tenaga sebesar 1470 kW atau setara dengan 2.000 hp, juga dengan puncak torsi sebesar 1.700 Nm. Kekuatan itu tersalur melalui transmisi epicyclic pada penggerak empat roda.

Akselerasi dahsyat Evija ini juga terbantu dari segi ukuran dan beban total yang ditargetkan tak lebih dari 1.680 kg. Desain yang terbilang aerodinamis meningkatkan kinerja kendaraan yang dilengkapi fitur Drag Reduction System (DRS) layaknya mobil balap Formula 1.

Lotus juga menjelaskan kemampuan paket baterai Evija untuk diisi ulang melalui fasilitas tambah daya berkapasitas 800 kW jika sudah tersedia. Nantinya, pengisian daya ulang baterai Evija pada fasilitas pengisian tersebut hingga penuh hanya membutuhkan 18 menit. Capaian jarak tembuh Evija sendiri dalam sekali penggunaan baterai penuh mencapai 400 kilometer.

 

Model paling ambisius milik Lotus ini hanya akan dirakit sebanyak 130 unit di pabrikan wilayah Hethel, Inggris. Fasilitas tersebut menjadi pabrik khusus mobil listrik miliik Lotus. Evija ditawarkan kepada konsumen dengan harga GBP1,7 juta atau sekitar Rp29,5 miliar.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini