nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerhana Bulan Terjadi, Mungkinkah Timbulkan Risiko Bagi Pengemudi Mobil

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 12:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 17 87 2080011 gerhana-bulan-terjadi-mungkinkah-timbulkan-risiko-bagi-pengemudi-mobil-zQ08dfpICJ.jpg ilustrasi gerhana bulan (Foto: Ist)

JAKARTA - Fenomena gerhana, matahari maupun bulan, jadi salah satu gejala alam yang memancing keingintahuan masyarakat luas. Tidak jarang, mereka tidak ingin melewatkan momen tersebut, hingga menyaksikannya secara langsung dengan mata telanjang.

Terdapat risiko tersendiri ketika melihat gerhana matahari secara langsung, yakni potensi kerusakan permanen pada mata akibat paparan cahaya Ultraviolet (UV). Sementara, menyaksikan langsung gerhana bulan, seperti yang terjadi Selasa (16/7/2019) kemarin, tidak membawa resiko berbahaya kepada manusia.

 gerhana bulam

Kejadian alam seperti gerhana matahari juga mungkin mengalihkan perhatian pengemudi kendaraan. Sama seperti menyaksikan langsung fenomena tersebut secara langsung, mengamati gerhana matahari dari dalam kabin mobil juga membutuhkan syarat tertentu.

Utamanya pengemudi harus memastikan perlindungan dirinya dengan kaca film yang memenuhi syarat. "Kaca film tersebut harus mempunyai daya tolak sinar UV atau teknologi UV 400. Hal ini terdapat pada kaca film First Klass atau Masterpiece," ujar CEO MAKKO Grup, Christopher Sebastian.

 

Ia menyarankan pengemudi untuk terlebih dahulu berhenti dan berpindah posisi jika menemui momen seperti ini saat berkendara. Terutama, pada sisi jendela yang memiliki kaca film dengan tingkat paling gelap. "Sama halnya ketika menyaksikan melalui kaca mata hitam harus dengan tipe Polarized. Hingga tidak disarankan menyaksikannya melalui kaca depan," kata Christopher menjelaskan.

Kondisi gerhana bulan terbilang aman untuk pengemudi mobil untuk menyaksikan secara langsung. Kali ini, Christopher punya saran yang berbeda bagi mereka yang melihatnya dari dalam kabin. "Justru hal ini disarankan melihatnya dari kaca depan agar terlihat terang dan jelas keindahannya," ujarnya ketika dihubungi Okezone Otomotif.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini