nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungi GIIAS 2019, Menperin Tinjau Jajaran Mobil Listrik

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 19:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 20 52 2081503 kunjungi-giias-2019-menperin-tinjau-jajaran-mobil-listrik-zepdYOZngy.jpg Menperin tinjau mobil listrik (foto: Ist)

TANGERANG SELATAN - Industri otomotif tanah air tengah mempersiapkan diri menyongsong hadirnya mobil ramah lingkungan. Pemerintah diketahui telah mempersiapkan Perpres kendaraan ramah lingkungan yang akan menjadi payung bagi produsen otomotif di tanah air terkait regulasi yang akan mengatur produksi mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Kesiapan industri otomotif tersebut juga mulai terlihat dalam beberapa tahun kebelakang khususnya pada pameran otomotif terbesar di Indonesia seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Dimana banyak agen pemegang merek yang telah memperkenalkan mobil ramah lingkungan di pameran GIIAS tahun ini.

 

Memastikan kesiapan para produsen tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara khusus melihat dan mempelajari jajaran mobil listrik yang dipamerkaan produsen automotif di tanah air. Kunjungan kedua Airlangga setelah mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut, melihat mobil-mobil listrik.

Menperin sendiri juga akan terus mendorong industri automotif untuk mempersiapkan mobil listrik Terkait dengan target pengembangan kendaraan listrik di Indonesia telah tercantum dalam roadmap pengembangan kendaraan bermotor nasional, dimana pada tahun 2025 ditargetkan produksi kendaraan roda empat emisi karbon rendah dan kendaraan listrik mencapai sekitar 20% dari total produksi nasional. Dua (2) pabrikan besar yang siap berinvestasi di Indonesia untuk sektor kendaraan listrik adalah Toyota dan Hyundai.

 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengunjungi booth Mitsubishi Motors dan mendapatkan penjelasan mengenai mobil hybrida. Mitsubishi sendiri menjadi salah satu produsen di Indonesia yang telah menghadirkan mobil PHEV melalui model Outlander.

Selain itu, Menperin yang di dampingi oleh Ketua Umum GAIKINDO, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengunjungi booth yang menampilkan mobil-mobil dengan teknologi terkini seperti mobil konsep, Hy Fun dari Daihatsu.

Melalui kunjungan tersebut, mobil listrik yang tengah menjadi salah satu tujuan bagi industri automotif tanah air ini akan siap dilaksanakan untuk pasar Indonesia. Saat ini Perpres kendaraan ramah lingkungan sendiri telah selesai dan masih menunggu pengesahan dari Presiden Jokowi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini