nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wuling Sediakan Simulator Teknologi Wind Bagi Pengunjung GIIAS 2019

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 20:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 20 52 2081516 wuling-sediakan-simulator-teknologi-wind-bagi-pengunjung-giias-2019-HQu48twtpy.jpg Simulator Wind (foto: Ist)

TANGERANG - Keunggulan teknologi perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND) jadi keunggulan yang ditawarkan Wuling Motors Indonesia melalui produk Wuling Almaz versi tujuh penumpang. Fitur ini diklaim mampu mengenali beragam perintah berbahasa Indonesia untuk menunjang penggunaan berbagai perangkat dalam kendaraan tersebut.

Fitur pengenalan suara berbahasa Indonesia tersebut dapat diakses dengan sebelumnya menggunakan kata kunci "Halo Wuling" disertai kalimat perintah untuk mengoperasikan fitur dalam kendaraan jenis Wuling Almaz. Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko, bahkan menyebut teknologi tersebut memiliki kemampuan mengenali aksen kedaerahan.

 

Koleksi kosakata dalam piranti lunak yang tertanam untuk menjalankan fitur WIND tersebut turut mendapat gubahan padanan kata juga bahasa pengucapan keseharian. Danag menjamin teknologi bawaan pada kendaraan terbaru Wuling tersebut tidak kesulitan menjalankan perintah pengguna. "Kecuali jika dipaksakan dengan kalimat bahasa lain seperti Inggris, maka sistem akan meresponsnya dengan meminta pengguna mengucapkan perintah ulang," ujarnya.

Fitur tersebut juga menjadi salah satu teknologi yang terletak dalam simulator menyerupai kabin Wuling Almaz, yang tersedia pada stan mereka dalam Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019. Selain WIND, Wuling juga memberi kesempatan pengguna menjajal teknologi lain seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKA), dan Auto Emergency Braking (AEB).

 

Tidak tertutup kemungkinan bahwa fitur WIND ini bisa terpasang pada seri Wuling Almaz seri terdahulu, yakni dengan menanmkan piranti lunak sistem operasinya pada kendaraan konsumen. Senior Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani mengungkapkan langkah pembaruan itu bisa dilakukan melalui fasilitas pelayanan terdekat. "Kebijakan pembaruan ini dapat dilaksanakan mulai Agustus mendatang tanpa dikenakan biaya," ujarnya pada Jumat (19/7/2019).

Lebih lanjut fitur perintah suara ini sudah dibangun oleh perusahaan prinsipal Wuling di Tiongkok dengan anak perusahaan mereka di tanah air. "Seluruh perintah suara yang terekam bersama respons sudah melalui tahapan riset kedua belah pihak. Dari awal, Almaz merupakan Smart Technology SUV jadi semua konsumen kami harapkan berhak menjajal pengembangan teknologi kendaraan ini," kata Dian menjelaskan

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini