nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rifat Sungkar Ungkap Tunggangan Rally Barunya Mitsubishi Xpander AP4

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 19:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 21 52 2081733 rifat-sungkar-ungkap-tunggangan-rally-barunya-mitsubishi-xpander-ap4-sGXmqykNMc.jpg mitsubishi Xpander AP4 (foto: Ist)

TANGERANG SELATAN - Potensi model Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan multifungsi mendorong Rifat Sungkar mengembangkannya sebagai kendaraan reli. Rifat menggandeng PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mewujudkan hal tersebut dengan meluncurkan Xpander Rally Team (XRT).

Konsep pengembangan dari kedua pihak menghasilkan Mitsubishi Xpander yang mampu bersaing dalam ajang balap reli AP4. “Keseimbangan sasis dari mobil ini membuatnya dapat dioptimalkan sebagai mobil reli AP4 sesuai dengan regulasi ajang tersebut,” ujar Rifat mengenai idenya tersebut.

Tidak hanya mengembangkan produk tersebut sebagai mobil untuk kompetisi reli. Rifat juga akan berlomba dalam berbagai kejuaraan di Indonesia maupun Selandia Baru. Nantinya, Rifat mengajak M.Redwan sebagai navigatornya. Mereka sudah kerap menjadi rekanan di kabin dalam berbagai ajang lomba.

 

Ajang reli AP4 sendiri sudah memperbolehkan kendaraan yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari mendapatkan pengubahan untuk berlomba. “Tren reli saat ini sudah bergeser dari mesin 2.000 cc turbo keluaran pabrik menjadi 1.600 cc dengan penerapan teknologi suspensi serta aerodinamika terkini,” kata Rifat kepada awak media.

Spesifikasi kendaraan XPANDER yang diturunkan XRT pada ajang AP4 nanti menggunakan mesin 4B11 1600 cc. Keluaran maksimalnya mencapai 350 hp dengan torsi maksimal 410 ft/lbs. Mobil ini akan berlomba pada Agustus hingga Desember mendatang berawal dari ajang NZRC Goldrush Rally of Coromandel pada 16-17 Agustus nanti.

 

Dukungan maksimal disuarakan Mitsubishi Motors Indonesia, melalui Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura. Baginya, keberadaan XRT bisa jadi inspirasi bagi pengguna Xpander dalam memodifikasi kendaraan mereka di masa mendatang. “Ada dua nilai sesuai dengan tujuan Mitsubishi Motors yakni Ambition to Expolre agar pengguna dapat mencapai apa saja, dan dengan Drive your Ambition sehingga pengendara Mitsubishi dapat pergi ke mana saja,” ujarnya.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini