Produsen Mobil Tesla Akan Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 23 52 2082683 produsen-mobil-tesla-akan-bangun-pabrik-baterai-di-indonesia-uRKZmBQPsT.jpg Mobil listrik Tesla (foto: Ist)

JAKARTA - Produsen mobil listrik terbesar di Amerika, Tesla Motors akan membangun pabrik baterai di Indonesia. Rencana pembangunan pabrik yang akan dilakukan di salah satu wilayah Jawa Barat antara Karawang, Cikarang dan Bekasi tersebut, sedianya akan menyuplai baterai untuk jajaran mobil listriknya.

Pabrik tersebut akan dibangun oleh Tesla dan beberapa perusahaan lain seperti CATL yang dikenal sebagai perusahaan baterai dengan kualitas terbaik. Rencananya pabrik pembuatan baterai untuk mobil listrik tersebut, dibangun dengan pasokan bahan kobalt yang berasal dari Morowali.

 Pabrik mobil listrik Tesla

"Saya belum tau, konsorsium mereka yang ngatur. Pasti akan masuklah rame2 karena teknologi CATL ini kan sekarang paling maju, karena mereka sudah berada pada level 8. Sedangkan produsen lain baru mau masuk level tersebut namun CATL sudah pada tahap itu," Kata Menko maritim Luhut Pandjaitan.

Terkait peluang hadirnya Tesla menjadi salah satu perusahaan yang akan membangun pabrik baterai di Indonesia, dinilai sangat besar peluangnya. KarenaSangat bisa. Tapi kita lagi merundingkan, bisa tidak bikin industry lithium baterainya itu di daerah karawang bekasi purwakarta.

 

Rencananya pabrik tersebut akan siap tiga tahun lagi dengan prediksi 2022, selesai dibangun dan akan segera memproduksi baterai mobil listrik. "Rencana pembangunannya sekira tiga tahun, namun bisa juga cepat," ungkap Luhut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini