nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Geber Ketangguhan Honda New Accord Rute Jakarta-Bandung

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 15:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 24 52 2083051 geber-ketangguhan-honda-new-accord-rute-jakarta-bandung-PdnGL9GqTW.jpg Honda Accord (foto: Memed/Okezone)

BANDUNG - Generasi ke-10 Honda Accord yang baru saja diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Sho (GIIAS) 2019, langsung uji ketangguhannya. Rute Jakarta-Bandung menjadi jalur yang dipilih Honda Prospect Motor untuk menguji ketangguhan Accord terbarunya.

Namun selain rute jalan bebas hambatan yang menjadi pembuktian ketangguhan Honda Accord terbaru, Honda mengajak awak media termasuk Okezone mencoba berbagai fitur terbaru yang disematkan pada sedan terbarunya tersebut.

 Honda accord

Di area proving ground, Honda Accord menjalani pengujian dua fitur teknologi yang tersedia dalam Accord generasi terbaru ini. Yakni, sistem Road Departure Mitigation (RDM) serta Low-Speed Follow yang berintegrasi pada Adaptive Cruise Control (ACC). Terdapat kesempatan untuk mereka situasi untuk mengaktifkan kedua sistem itu di lintasan.

 

RDM sendiri berjalan dengan menggunakan bantuan kamera untuk mengenali marka jalan, maupun pembatas jalan yang solid. Fitur ini membantu kendaraan tetap berada pada lajur melalui bantuan EPS. Fitur ini bisa diaplikasikan ketika kendaraan melaju di atas 72 km/jam dan menunjukkan kecondongan untuk berjalan meninggalkan marka lajur.

Fitur ini tidak hanya menjaga situasi pengemudi dengan mengaplikasikan tekanan pada setir. Namun, teknologi tersebut dapat membantu mengaplikasikan sistem pengereman untuk menjaga kecepatan mobil tidak keluar lajur jika diperlukan.

Aktivasi fitur Low-Speed Follow yang terintegrasi dalam ACC di mobil ini memungkinkan pengendara menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya. Mobil bahkan otomatis melakukan pengereman dan deselerasi hingga kendaraan di depannya berhenti. Seperti, dalam situasi lalu lintas perkotaan pada umumnya.

Kendaraan ini pun bisa menyesuaikan diri untuk kembali bergerak mengikuti mobil di depannya dalam situasi stop and go. Namun, saat kendaraan berhenti secara statis lebih tiga detik, pengemudi harus mengaktifkan kembali sistem secara manual melalui tombol pada kemudi jika melebihi durasi tersebut.

Lepas dari memahami fitur teknologi terbaru tersebut, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Bandung. Awak media memiliki kesempatan untuk membuktikan performa mesin 1,5 L VTEC Turbo yang terpasang untuk menghasilkan tenaga lebih besar dari edisi sebelumnya yakni mencapai 190 Ps dan torsi maksimum 260 Nm.

Pengaktifan mode SPORT yang tersedia melalui tombol di konsol tengah, meningkatkan performa mobil menjadi semakin agresif. Penyaluran tenaga melalui transmisi CVT yang dapat diatur dengan Paddle Shift pun terasa optimal.

Kesempatan untuk menjajal performa mesin 1,5 L VTEC Turbo yang jadi powertrain All Nee Honda Accord, berawal ketika rombongan meninggalkan kawasan Bridgestone Proving Ground. Respons akselerasi mesin pada keceptan serta putaran mesin rendah terasa berat. Meski, harus diakui distribusi tenaga dengan transmisi CVT berjalan dengan mulus tanpa hentakan yang keras.

Tarikan mesin pada mode normal terasa lebih baik ketika mobil berada di lajur cepat pada Tol Cipularang. Tidak ada kesulitan bagi All New Honda Accord meningkatkan akselerasi di atas 60 km/jam. Kemudian, kami mengaktifkan mode Sport dengan tombol di konsol tengah kendaraan untuk menjadikannya semakin agresif merespons akselerasi pada pedal gas.

 

Okezone Otomotif merasakan agresifitas perbedaan tarikan pada mode ini ketika memacu kendaraan hingga 120 km/jam, memasuki kilometer 65 hingga 77 pada tol Cipularang. Adanya fitur Shift Mapping pada mode Sport memungkinkan pergeseran transmisi berlangsung lebih cepat. Serta, injakan pedal gas yang lebih dalam akan seketika direspons dengan peningkatan akselerasi secara optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini