nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Kena Debu Erupsi Gunung Tangkuban Perahu, Begini Cara Membersihkannya

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 27 52 2084334 mobil-kena-debu-erupsi-gunung-tangkuban-perahu-begini-cara-membersihkannya-pefUDs0XDk.jpg Cuci Mobil (foto: Ist)

TANGERANG - Debu hasil erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Jumat (27/7/2019), dapat berdampak negatif pada mobil. Terlebih jika debu yang menutupi bodi mobil tidak segera dibersihkan dan menumpuk terlalu banyak pada bagian tertentu.

Debu yang melekat pada bodi mobil tidak hanya berpotensi menimbulkan flek yang sulit dibersihkan karena sifat kimiawinya yang cenderung asam. Bahkan, kandungan silika yang cukup besar bisa menimbulkan bekas baret pada bodi hingga bersifat korosif, jika mengenai bagian dengan materi besi atau krom.

 

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk membersihkan debu tersebut adalah menyiramkan air dengan tekanan kencang, hingga tidak bersisa dari seluruh bagian mobil. “Pengelapan bisa dilakukan dengan lap microfiber dengan gerakan searah agar tidak menimbulkan swirl mark setelahnya,” ujar Presiden Direktur Makko Group, Christopher Sebastian.

Kesalahan kerap dilakukan pengguna kendaraan dalam membersihkan debu vulkanik, dengan mengelap terlalu kencang dan sembarang arah. Padahal, tindakan tersebut bisa mengurangi kualitas atau meninggalkan bekas gores akibat cat mobil yang mengelupas.

 

Christopher menyarankan pengguna untuk menggunakan jasa pembersihan detailing melalui bengkel seperti Topcoat atau XTO Car Care dari Makko Group. Terlebih jika merasa ragu saat membersihkan kendaraan yang terkena debu vulkanik seperti hasil erupsi Gunung Tangkuban Parahu.

Solusi lain adalah memberi perlindungan berupa coating pada bodi mobil. “Dampak abu vulkanis seperti itu bisa ditekan jika kendaraan sudah mendapat perawatan coating karena lapisan tersebut melindungi cat. Di bengkel kami terdapat coating dengan bahan sapphire sehingga terdapat efek hydrophobic dan super oleopobhic untuk meningkatkan perlindungan bodi,” ujarnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini