nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lahirnya Mobil Listrik, Menanti Regulasi Pemerintah

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 28 Juli 2019 21:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 28 52 2084713 -aMbVKwZKWV.jpg Mitsubishi Outlander PHEV (foto: Ist)

TANGERANG -Trend kendaraan ramah lingkungan yang sudah mulai dicanangkan pemerintah, turut didukung industri otomotif nasional. Hal tersebut sudah terlihat dari gelaran pameran beberapa tahun lalu, dimana beberapa produsen telah memamerkan mobil hybrid hingga listrik ke Indonesia.

Peran serta industri otomotif nasional dalam menggali potensi pasar kepada konsumen di tanah air, terbilang cukup besar, dimana pameran Gaikindo Indonesa International Auto Show (GIIAS) setiap tahunnya selalu mengusung tema  teknologi elektrifikasi. Hal ini didukung tersedianya model dari sejumlah produsen baik yang menggunakan mesin hybrid atau sepenuhnya memakai motor listrik.

Kehadiran sejumlah model kendaraan ini selaras dengan penerapan tema GIIAS kali ini, yakni Future In Motion. Tidak hanya sebgai momentum unjuk teknologi dari produsen otomotif Indonesia, pemajangan sejumlah model kendaraan elektrifikasi bertujuan untuk menjaring konsumen potensial.

Pembukaan pemesanan kendaraan kendaraan elektrifikasi sendiri dilakukan oleh BMW dan Mitsubishi. BMW memperkenalkan model i3, sedangkan Mitsubishi memamerkan produk Outlander PHEV dalam ajang pameran tahunan ini. Meski, hingga hari terakhir gelaran GIIAS pada Minggu (28/7/2019) tidak ada catatan tentang angka pasti pemesanan model tersebut.

 

Alasan utama produsen tidak membuka pemesanan adalah belum diumumkannya regulasi, tentang mobil listrik. Meski, terdapat pertanyaan terkait produk seperti Glory E3 rilisan DFSK ataupun Leaf keluaran Nissan. “Memang sesuai rencana Leaf baru akan dibawa ke Indonesia pada 2020 mendatang,” ujar Head of Product Communications Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

Terlepas belum pastinya regulasi elektrifikasi kendaraan tersebut, seorang pengunjung rela melunasi salah satu mobil listrik yang tampil dalam gelaran GIIAS kali ini. Mobil yang dimaksud adalah Renault Twizy, yang baru tersedia satu unit dan dibanderol Rp390 juta. “Pembelian terjadi pada Sabtu (27/7/2019 kemarin oleh konsumen asal Jakarta,” ujar salah satu staf penjualan produsen asal Prancis itu.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini