nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pusat Pengembangan KIA di Jerman Rombak Stinger Jadi Versi Balap

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 11:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 30 312 2085336 pusat-pengembangan-kia-di-jerman-rombak-stinger-jadi-versi-balap-M7hre2hXj8.jpg KIA Stinger GT420 (Foto: Ist)

LONDON - Potensi performa model KIA Stinger kembali terlihat dengan gubahan versi balap sirkuitnya yakni GT420. Proyek tersebut dilaksanakan oleh KIA Motor wilayah Inggris dengan pusat pengembangan mesin mereka di Jerman. Model dasar yang digunakan adalah KIA Stinger versi GT-S yang meluncur di Inggris.

Versi ini jelas tidak akan dilepas kepada konsumen umum dan hanya digunakan sebagai kendaraan uji coba di sirkuit. Pengubahan yang dilakukan adalah dengan mengurangi bobot kendaraan, menambah kekuatan mesin, hingga mengganti keseluruhan sistem suspensi. Tujuannya untuk memaksimalkan model sedan saloon keluaran KIA tersebut di lintasan.

 Stinger GTS

Uniknya, proyek ini diklaim sebagai pengisi waktu luang bagi para teknisi pengembang KIA di Jerman. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa produsen tersebut akan melanjutkan gubahan model tersebut dengan proyek lanjutan di masa mendatang.

Pengurangan beban total kendaraan dilakukan dengan memindahkan seluruh bagian dari komponen interior di bagian belakang mobil. Bahkan, fitur sunroof yang tadinya tersemat pun dilepas, begitu juga dengan sejumlah perangkat audio, dan sistem elektrik menjadikannya 150 kg lebih ringan.

Dalam dapur pacu kendaraan tipe sedan tersebut terpasang mesin V6 3,3 L turbocharged ganda, dengan keluaran maksimal setara 422 hp dan torsi puncak pada 560 Nm. Angka tersebut melonjak sekitar 57 hp dan 50 Nm dari versi GT-S yang sedianya akan beredar secara luas.

 

Model KIA Stinger sendiri belum tersedia secara resmi di Indonesia. Salah satu alasannya akibat kepindahan agen tunggal pemegang merk (ATPM) yang kini berpindah tangan ke grup Indomobil melalui PT Kreta Indo Artha. Namun, belum ada keterangan kapan tepatnya merk asal Korea Selatan tersebu meluncur ulang di Indonesia.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini