nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trend Mobil Listrik Siap Menggeliat, Toyota Pilih Main di Kendaraan Hybrid

Rabu 31 Juli 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 31 52 2085733 trend-mobil-listrik-siap-menggeliat-toyota-pilih-main-di-kendaraan-hybrid-ZSFNrFRqR2.jpg toyota Prius (foto: Ist)

JAKARTA - Perpres kendaraan listrik akan segera diluncurkan pemerintah dalam waktu dekat, akan menjadi lampu hijau bagi banyak produsen yang telah siap memproduksi mobil listrik di Indonesia. Namun langkah tersebut berbeda dengan Toyota yang akan bermain dengan mobil berteknologi hybrid.

Teknologi hybrid sendiri merupakan teknologi awal yang dinilai Toyota bisa mewujudkan cita-cita pemerintah dalam mengurangi emisi kendaraan serta efisiensi penggunaan bahan bakar minyak yang menjadi target hadirnya Perpres kendaraan listrik di Indonesia.

 

"Hybrid EV dan Plug-In Hybrid EV sebagai solusi jangka pendek. Kenapa? Karena kita bisa me-relealisasi-kan visi dan misi penurunan gas buang CO atau penggunaan BBM tanpa memperdebatkan adanya infrasruktur atau tidak,"Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto dalam keterangannya yang diterima Okezone, Rabu (31/7/2019).

 

Dengan langkah memproduksi mobil berteknologi hybrid, dinilai akan mengurangi kendala dan biaya besar terhadap penyiapan infrastruktur pengisian tenaga listrik yang harus disediakan pemerintah saat menggaungkan rencananya menghadirkan mobil listrik bagi rakyatnya.

"Sedangkan jangka panjang, tentunya ATPM bersama pemerintah akan memikirkan solusi berikutnya untuk penurunan gas buang CO dan penggunaan BBM melalui Battery EV atau yang lebih ramah lingkungan lagi yaitu Fuel Cell EV, Kata Soerjo.

Ia menambahkan bahwa saat ini electric vehicle (EV) yang telah banyak dikembangkan produsen otomotif dunia memiliki empat kategori yakni hybrid EV, plug in hybrid EV, Battery EV, fuel cell EV. Seluruh kategori tersebut, merupakan tahapan yang bisa dilakukan di Indonesia sebelum masuk pada basis kendaraan bertenaga listrik penuh.

Meski demikian, Toyota sendiri masih akan tetap mendukung kebijakan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif di tanah air. "Saya yakin kebijakan pemerintah mengenai mobil listrik juga akan mendongkrak industri otomotif, termasuk investasi didalamnya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini