nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ducati Multistrada V4 Terekam Kamera, Bisa Meluncur Tahun Depan

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 12:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 31 53 2085844 ducati-multistrada-v4-terekam-kamera-bisa-meluncur-tahun-depan-eGl2LMkKcm.jpg Ilustrasi tampilan Ducati Multistrada (Foto: Ist)

BOLOGNA - Persiapan pembaruan tipe Multistrada tengah dimatangkan oleh Ducati. Hal tersebut ditunjukkan dengan beredarnya rekaman video yang menunjukkan uji kendara dalam area pingiran kota di Italia. Meski hanya nampak sekilas, potongan rekaman tersebut memperlihatkan desain yang mirip dengan varian Multistrada 1260.

Perkiraan terkini, seperti dikutip lansiran rideapart.com, motor adventurer Ducati tersebut akan menggunakan mesin Desmosedici Stradale V4. Tipe mesin ini sebelumnya digunakan untuk versi sport terbaru yakni Panigale V4 yang sudah dikenalkan Juni lalu. Steelah kemunculan video tersebut, dan berdasar pada cepatnya pengembangan Panigale lalu, ada perkiraan Multistrada V4 bisa meluncur pada tahun depan.

 Multistrada

Tipe V4 sendiri merupakan mesin dengan blok Desmosedici Stradale yang berkapasitas 1.103 cc dengan perkiraan keluaran maksimal sebesar 214 hp. Selain digunakan pada Panigale, mesin serupa juga sudah terpasang pada Streetfighter. Sementara jika digunakan pada model Multistrada, terdapat prediksi keluaran mesinnya hanya mencapai 190 hp, atau lebih besar dari varian 1260 yang beredar saat ini.

Tidak banyak perubahan tampilan dari tipe Multistrada yang nantinya menggunakan mesin Desmosedici V4 tersebut. Selain dari bentuk knalpot yang mengadaptasi adanya tambahan dua silinder tambahan. Sehingga nantinya, terdapat kemungkinan edisi terbaru Multistrada V4 akan menggunakan knalpot berbeda dari bentuk L-ganda yang sedianya terpasang pada model terdahulunya.

 

Minimnya pengubahan tampilan dari Multistrada V4 ini membuat perkiraan mengarah kepada penambahan varian atau pengembangan motor ini masih dalam tahap awal. Satu hal yang diharapkan dalam pengembangan varian Multistrada V4 tersebut adalah penambahan fitur Advanced Rider Assistance System (ARAS) milik Ducati. Teknologi tersebut memberikan informasi dan peringatan kepada pengendara terkait arus lalu lintas dan sudut mati (blind spots), berkat bantuan radar secara aktif.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini