Stingray Bisa Tembus 96 km/jam Di Bawah Tiga Detik, Begini Penjelasannya

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 02 52 2087081 stingray-bisa-tembus-96-km-jam-di-bawah-tiga-detik-begini-penjelasannya-RoUm6TJSAJ.jpg Chevrolet Corvette Stingray (Foto: Ist)

LOS ANGELES – Pernyataan cukup menarik muncul ketika Chevrolet Corvette Stingray meluncur beberapa pekan lalu. Chevrolet mengatakan generasi kedelapan dari keluarga Corvette tersebut dapat melaju hingga kecepatan 96 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik. Meski, produsen asal Amerika Serikat tersebut tidak mengurai catatan waktu persis dari capaian Corvette Stingray tersebut.

Klaim atas performa Corvette generasi terbaru tersebut jelas cukup mengejutkan. Pasalnya, keluaran maksimal dari mesinV8 6,2 L yang terpasang pada mobil itu tercatat sebesar 495 hp. Kebanyakan orang memperkirakan kapasitas mesin yang lebih besar dibutuhkan, untuk menembus catatan waktu di bawah tiga detik dalam mencapai kecepatan 96 km/jam.

 Stingray

Terdapat penjelasan teknis terkait pencapaian performa Corvette Stingray dalam mencatatkan performa tersebut. Seperti dilansir dari Carscoops, kemungkinan awal berasal dari posisi mesin Corvette Stingray yang berada pada bagian tengah kendaraan. Hal tersebut memberi traksi tambahan yang mempengaruhi akselerasi, sebab rasio beban mobil yang bergeser lebih ke belakang.

Keluaran tenaga maksimal Corvette Stingray sendiri tersalur dengan efisien melalui transmisi otomatis delapan percepatan dual-clutch. Teknologi tersebut memungkinkan pergantian gigi terjadi di bawah 100 milidetik. Penggunaan paket performa Z51 pada model Corvette Stingray juga memiliki andil dalam tercapainya catatan waktu menakjubkan tersebut. Pemakaian ban Michelin PS4S disebut mengakomodasi dengan baik kekuatan besar kendaraan tersebut.

 

Secara teoritis terdapat perkiraan catatan waktu tepat bagi Chevrolet Corvette Stingray dalam mencapai 96 km/jam adalah 2,76 detik. Rekor tersebut lebih cepat dari Corvette C7 ZR1 yang menggapai 96 km/jam dalam 2,85 detik. Perbedaannya, generasi ketujuh tersebut masih menggunakan mesin letak depan dan memiliki kesulitan tersendiri dalam hal kendali pada roda bagian belakang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini