nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Rencanakan Pakai Sistem Busi Ganda pada CRF 250L

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 22:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 02 53 2087102 honda-rencanakan-pakai-sistem-busi-ganda-pada-crf-250l-GtazEPcal5.jpg Deretan Honda CRF 250R (Foto: Medikantyo/Okezone)

JAKARTA – Sorotan terhadap tingkat emisi kendaraan bermotor secara global mempengaruhi langkah pengembangan produsen roda dua. Belakangan, muncul tren penggunaan motor listrik sebagai penggerak utama pada skuter otomatis. Namun, Honda memilih untuk melakukan efisiensi dan pengurangan kadar gas buang dengan meningkatkan sistem pembakaran pada produknya.

Hal tersebut diketahui dari pendataran paten mereka terkait sistem penggunaan busi ganda dalam tipe mesin silinder tunggal pada salah satu produk mereka, CRF 250L. Seperti dikutip dari laman Rideapart, terlihat honda menempatkan posisi busi ganda tersebut pada bagian atas dan pojok samping dari kepala silinder. Turut terdapat perkiraan adanya pembaruan sistem injeksi dan pengaturan saluran bahan bakar nantinya.

 CRF 250L

Pengubahan yang terlihat dalam skema paten terbaru itu tidak terlihat berbeda dari penempatan mesin model CRF 250L. Tetapi, tujuan penggunaan skema busi ganda nantinya diharapkan bisa membuat mesin membakar campuran udara dan bahan bakar dengan lebih efisien. Sistem ini juga diharapkan membuat varian CRF 250L dapat tampil lebih responsif dan memiliki keluaran tenaga lebih besar.

Konsep penggunaan busi ganda sendiri bukanlah sesuatu yang baru bagi produsen kendaraan roda dua secara global. Sejumlah merk kendaraan sudah menerapkan konsep penggunaan komponen pembakaran ganda tersebut seperti Ducati Multistrada dan Bajaj DTSi. Sedangkan, Honda baru akan menerapkan sistem ini untuk kali pertama bagi CRF 250L dan CRF 250R secepatnya pada 2021 mendatang.

 

Model CRF 250 L sendiri sudah memasuki generasi kedua sejak diperkenalkan secara global pada 2013 lalu. Varian tersebut saat ini memakai mesin silinder tunggal 249,6 cc empat tak dengan keluaran tenaga maksimal 24 hp dan torsi puncak 22,6 Nm pada 6.750 rpm. Untuk pasar Indonesia, Astra Honda Motor membanderolnya mulai Rp74,1 juta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini