nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sentuhan Sederhana dari Tim Mekanik Asal Inggris, Jadikan Supra GR Tembus 420 HP

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 04 Agustus 2019 19:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 04 312 2087595 sentuhan-sederhana-dari-tim-mekanik-asal-inggris-jadikan-supra-gr-tembus-420-hp-IsqDDTNnJa.jpg Toyota Supra GR di Litchfield Motors, Inggris (Foto: Ist)

LONDON – Spesifikasi mumpuni Toyota GR Supra membuatnya menarik minat sejumlah teknisi kendaraan untuk memaksimalkan kemampuannya. Salah satunya adalah mekanik dari Litchfield Motors, Inggris yang sukses meningkatkan keluaran optimal dari mesin sedan sport tersebut.

Melalui teknik pemetaan ulang pada rangkaian Engine Control Unit (ECU), mekanik dari Litchfield Motors sukses mengatrol performa Toyota Supra GR menjadi 420 hp dengan torsi puncak sebesar 597 Nm. Angka tersebut meningkat jauh dari rilis resmi Toyota yang menyatakan keluaran Supra GR sebesar 335 hp dan torsi di kisaran 500 Nm.

 Supra

Hasil tersebut diketahui melalui uji performa yang dilakukan para mekanik Litchfield Motors dengan fasilitas dynamometer milik mereka. Upaya pemetaan awal menunjukkan peningkatan cukup besar, yakni dengan angka keluaran tenaga sebesar 376 hp dan torsi tertinggi sebesar 529 Nm.

Litchfield Motors memiliki rencana lanjutan untuk mengembangkan Toyota Supra yang mereka gubah saat ini. Komponen yang akan mereka rombak adalah sistem saluran pembakaran dan pembuangan kendaraan tersebut. Tim asal Inggris itu, seperti dikutip dari laman motor1, akan menggandeng pihak lain seperti Milltek dan Akrapovic untuk mewujudkan hal tersebut.

 

Pengembangan sistem dan komponen lain pada kendaraan akan menyusul pada tahap berikut. Salah satunya dengan berjalannya upaya pembuatan komponen pendingin baru untuk rangkaian mesin kendaraan tersebut, serta rancangan peningkatan sasis bersama suspensi dengan bantuan Bilstein dan KW. Sasarannya sementara ini, Litchfield ingin Supra GR di tangan mereka dapat menembus keluaran tenaga mesin hingga 450 hp.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini