Dahsyatnya Harga Mobil Polisi Dubai, Termurah Rp4 Miliar

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 07 52 2088905 jajaran-supercar-polisi-dubai-termurah-seharga-rp4-milliar-6YRmdqu7ZH.jpg Unit Bugatti Veyron milik Kepolisian Dubai (Foto: Ist)

DUBAI - Demi menunjang tugas patroli pengamanan sehari-hari, Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab melengkapi jajaran kendaraannya dengan sederet mobil super. Tak pelak, garasi mobil patroli mereka ibarat showroom bagi kendaraan mewah lintas merk.

Keberadaan deretan mobil patroli ini rupanya tidak untuk membasmi kejahatan, atau menangkap pelaku kriminal. Walaupun, tugas tersebut mungkin saja dilakukan mengingat performa kebanyakan mobil patroli tersebut yang menggunakan mesin berperforma tinggi.

 mobil polisi

Mobil patroli supercar ini kebanyakan diturunkan untuk mengawal keamanan di sejumlah lokasi penting maupun objek wisata, di negara pesisir teluk Arab itu. Tidak jarang, mobil patroli itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi Dubai.

Lamborghini Aventador

 

Mobil keluaran produsen asal Italia ini menjadi unit supercar pertama yang dimiliki oleh Kepolisian Wilayah Dubai. Keputusan untuk memilih Lamborghini Aventador sendiri, berdasar spesifikasi terbaik saat mereka mengawali proyek mobil patroli premium pada 2013 lalu.

 Polisi

Mobil ini datang dengan banderol USD550 ribu atau sekitar Rp7,85 miliar. Performanya didukung oleh mesin V12 6.5 L dengan tenaga maksimal sebesar 691 hp. Kecepatannya bisa mencapai 349 km/jam dalam keadaan optimal.

Ferrari FF

Proyek berlanjut dengan mendatangkan mobil asal Italia lainnya, Ferrari FF. Hal yang menjadi perhatian adalah kendaraan ini hanya boleh dikemudikan oleh petugas kepolisian wanita dari otoritas keamanan kota Dubai tersebut. Salah satu alasannya, karena mobil ini terbilang lebih praktikal dibandingkan mobil super lain.

 

Keberadaan mesin V8 6.3 L menjadikan Ferrari FF punya kekuatan mencapai 651 bhp serta tersalurkan melalui transmisi dual clutch tujuh percepatan, menuju sistem penggerak semua roda. Harga dari mobil patroli ini ditaksir sebesar USD500 ribu atau Rp7,1 miliar rupiah.

Mercedes-Benz SLS AMG

Mobil dengan ciri khas pintu sayap elang (gullwing) tersebut menjadi rekrutan mobil mewah berikut dari Kepolisian Dubai. Unit ini menyandang plat nomor lima dalam daftar kendaraan operasional penegak hukum kota terbesar di Uni Emirat Arab itu.

 

Performanya bersumber dari rangkaian mesin V8 dengan kapasitas 6.3 L bertenaga 539 hp. Kali terakhir dibuat pada 2015 lalu, rangkaian mesin SLS AMG tersebut memiliki torsi puncak pada 650 Nm ketika putaan mesin berada di 4.750 rpm. Banderol mobil patroli mencapai Rp4,7 miliar.

Bentley Continental GT

Secara bentuk, Bentley Continental GT tidak terlihat sekencang supercar lain dalam barisan kendaraan Kepolisian Dubai ini. Tetapi, ukuran besar bodinya mendapat dukungan besar mesin berkapasitas 6 L W 12 dengan tenaga maksimal 552 hp.

 

Hal tersebut menjadikan Bentley Continental GT, memiliki kemampuan untuk mencpai kecepatan maksimal hingga 318 km/jam. Banderol dari mobil mewah keluaran Inggris yang beralih tugas sebagai penjaga ketertiban ini, mencapai USD225 ribu atau Rp3,21 miliar.

Aston Martin One-77

Langkah mengejutkan selanjutnya dari Kepolisian Dubai adalah dengan mendatangkan unit terbatas dari Aston Martin, One-77. Dibuat hanya sebanyak 77 buah kendaraan secara global, Produsen asal Inggris itu menyebutnya sebagai salah satu keluaran berkelas.

 

Dorongan tenaga utama untuk mobil ini berasal dari mesin V12 berkapasitas 7.3 L dengan kekuatan maksimal hingga 750 hp. Memiliki kecepatan optimum hingga 354 km/jam, harga Aston Martin One-77mencapai USD1,87 juta atau sekitar Rp26,7 miliar.

Bugatti Veyron

Koleksi satu ini memiliki gelar sebagai mobil polisi tercepat sedunia. Hal tersebut didukung fakta bahwa Bugatti Veyron dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 431 km/jam, dengan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik.

 

Salah satu alasan terbesarnya adalah desain aerodinamik mobil tersebut, serta adanya mesin W16 berkapasitas 8 L yang mampu meletupkan tenaga hingga 987 hp. Harga dari mobil ini mencapai USD2,25 juta atau sekitar Rp32,1 miliar.

Maserati GranTurismo

Tambahan terkini dalam jajaran pasukan mobil super Kepolisian Dubai adalah sedan keluaran Maserati, GranTurismo. Kendaraan ini memakai kode dinas 14 dan bergabung sejak Mei 2019 lalu. Perkiraan harganya mencapai USD136 ribu atau berkisar Rp1,9 miliar.

 

Mesin V8 dengan kapasitas 4,7 L sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 454 hp sekaligus torsi puncak pada 460 Nm. Sementara kecepatan maksiml dari mobil tersebut mencapai 299 km/jam. Tenaga tersalur dari mesin tersebut menggunakan transmisi otomatis enam percepatam ZF-6HP36.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini