nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangeran Arab Habiskan Miliaran Rupiah untuk Tiga Koleksi Mobil Eksotisnya

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 18:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 07 52 2089018 pangeran-arab-habiskan-miliaran-rupiah-untuk-tiga-koleksi-eksotisnya-ini-mKUqSYcZ5G.jpg Gubahan Kendaraan dari Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan (Foto: Ist)

ABU DHABI - Ketertarikan sosok Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan terhadap kendaraan bermotor sepertinya tidak memiliki tandingan. Konglomerat asal Uni Emirat tersebut memiliki setidaknya ratusan kendaraan berbagai jenis, yang terbilang eksotis.

Sheikh Hamad tidak hanya membeli kendaraan yang ia suka, pun membangun sejumlah kendaraan untuk dikemudikannya sendiri, dengan kebanyakan berorientasi pada Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan, dalam daftar koleksinya terdapat pula mobil dalam ukuran raksasa yang terlihat mustahil untuk dikendarai di jalanan.

Dhabiyan

Sheikh Hamad menyebut mobil rakitannya ini sebagai SUV terbesar di dunia. Kendaraan ini memiliki panjang sekitar 10,8 meter, tinggi 3,2 meter, serta lebarnya 2,5 meter. Dasar kendaraan ini merupakan sebuah truk militer dengan kabin pengemudi yang dirancang dari sebuah Jeep Wrangler.

 Dhabiyan

Sebagai penggerak kendaraan itu, terpasang mesin diesel enam silinder C15 berkapasitas 15,2 L. Total tenaga maksimal keluaran dari mesin tersebut mencapai 600 hp, sehingga mampu membuat mobil berbobot 24 ton itu melaju di jalan raya.

Double Jeep Wrangler

 

Koleksi lain yang terbilang unik dalam garasi pangeran yang berbasis di Abu Dhabi tersebut, merupakan gabungan dari dua buah Jeep Wrangler dengan posisi pengemidu pada sebelah kiri. Bahkan, ketika melintas di jalan raya, kendaraan tersebut memakan dua lajur sekaligus.

 

Konsep kendaraan ini memang terkesan sulit untuk diwujudkan di jalanan Jakarta, yang tentunya akan menyebabkan kemacetan. Namun, di tangan Sheikh Hamad mobil tersebut dapat dirakit dengan memakan biaya sekitar USD1 juta atau setara dengan Rp14,2 miliar.

Wide Jeep Wrangler Spider

 

Seakan menunjukkan kecintaannya pada varian Jeep, Sheikh Hamad kembali mengubah model kendaraan tersebut dengan inspirasi mobil klasik. Bedanya, inspirasi desain berdasar Rolls Royce 1930an itu terakit dalam ukuran besar.

 

Untuk memberi tenaga pada kendaraan ini, sang konglomerat memasang mesin V8 dengan keluaran tenaga 394 hp sebagai penggerak utama. Selain menggunakan dasar kabin Jeep Wrangler, Sheikh Hamad juga menggunakan sasis Ford F-550 dan grill depan dari pickup International LoneStar yang menghabiskan biaya USD890 ribu atau Rp12,6 miliar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini