nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Tercepat di Dunia Jadi Kendaraan Patroli Polisi

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 07 Agustus 2019 22:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 07 53 2089124 alih-fungsi-hayabusa-pelanggar-lalu-lintas-jadi-penunjang-patroli-polisi-GGFwfy7dSD.jpg Suzuki Hayabusa Patroli Polisi

OKLAHOMA CITY - Kepolisian lalu lintas negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat menemukan senjata terbaru mereka di tempat penyitaan kendaraan setempat. Senjata tersebut merupakan Suzuki Hayabusa GSX1300R 2006 yang jadi barang bukti atas pelanggaran hukum.

Motor tersebut kini justru menemukan kesempatan untuk dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan pengaturan lalu lintas bagi kepolisian Oklahoma. Usai mendapat perbaikan, Suzuki Hayabusa yang dimaksud menjadi bagian dari patroli lalu lintas jalan raya di Oklahoma.

Kepolisian setempat tidak menaruh aksesoris berlebihan pada Suzuki Hayabusa tersebut baik berupa lampu rotor maupun kotak bagasi yang berlebihan. Melainkan, mengubah wajah bagian depan, menempelkan atribut minim berupa stiker, dan mengecatnya dengan warna kepolisian setempat.

 Hayabusa

Seperti dikutip dari laman Rideapart, terdapat fitur lain seperti radar yang mendukung operasi mereka dalam menindak pelanggar lalu lintas. Ditambah, sejumlah petugas mendapat pelajaran tambahan mengemudikan motor besar dari California Superbike School sebelum bertugas dengan motor ini.

Suzuki Hayabusa GSX1300R sendiri memiliki performa yang cukup mumpuni untuk bertugas sebagai motor patroli jalanan kepolisian. Memiliki mesin empat silinder sebaris dengan kapasitas 1.298 cc, Hayabusa mampu meletupkan tenaga 173 hp dan torsi sekitar 135 Nm.

Mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 305 km/jam membuatnya pernah menyandang status motor produksi pabrikan tercepat di dunia. Hal tersebut rupanya berguna bagi kepolisian Oklahoma, yang mengklaim sudah menghentikan berbagai pelanggar lalu lintas dengan kendaraan tersebut.

 

Kepolisian Oklahoma sendiri bukan institusi pertama yang menggunakan Suzuki Hayabusa sebagai motor patroli. Sebelumnya, kepolisian wilayah Humberside, Inggris sudah menggunakan motor tersebut sebagai kendaraan operasional mereka dalam menindak pengendara yang melanggar batas kecepatan.

1
2

Berita Terkait

Suzuki

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini