nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perpres Sudah Ditandatangani, Selamat Datang Mobil Listrik di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 11:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 08 52 2089263 prepres-sudah-ditandatangani-selamat-datang-mobil-listrik-di-indonesia-h2Wp1S4AeY.jpg Mobil Listrik (foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Jokowi mengaku telah menandatangani Perpres kendaraan listrik yang selama ini ditunggu pelaku industri otomotif nasional. Melalui penandatanganan itu, mobil listrik dalam waktu dekat akan segera beredar di Indonesia.

"(Perpres mobil listrik) oh sudah. Sudah-sudah. Sudah saya tanda tangani hari Senin pagi," kata Jokowi ketika berada di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

 mobil listrik buatan Indonesia

Jokowi juga meminta agar jajarannya ikut membantu mendorong industri otomotif untuk segera merancang dan membangun industri mobil listrik di Indonesia.

 

Terkait kesiapan menyongsong industri mobil listrik sendiri, beberapa produsen otomotif di Indonesia mengaku sudah siap menghadirkan teknologi ramah lingkungan tersebut. Bahkan dalam pameran GIIAS kemarin, beberapa produsen telah menjual mobil ramah lingkungan melalui versi plug in hybrid.

Kendala kesiapan industri mobil listrik yang banyak ditemui, yakni terkait bahan baku baterai yang digunakan pada mobil listrik. Namun hal ini diperkuat Presiden Jokowi yang mengungkap bahan baku pembuatan baterai ada di Indonesia.

 

"Kita tahu 60 persen dari mobil listrik kuncinya ada di baterainya, dan bahan untuk membuat baterai ada di negara kita," ucap Jokowi.

 

Indonesia memang memiliki sumber daya alam kobalt yang terdapat di Morowali. Kobalt tersebut merupakan bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan baterai untuk mobil listrik.

Industri otomotif nasional sendiri sejak beberapa tahun kemarin telah mulai memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan yang dimulai dengan teknologi hybrid atau paduan mesin konvensional dan motor listrik. Hampir seluruh produsen yang beroperasi di Indonesia menyatakan siap dan mampu mengembangkan mobil listrik.

 

Seluruh produsen tinggal menunggu Perpres yang akan diputuskan pemerintah sebagai payung utama bagi produsen dalam memproduksi mobil listrik atau kendaraan ramah lingkungan untuk pasar Indonesia. (muf)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini