Setelah Proton Lepas, Malaysia Kembali Bikin Mobil Nasional

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 08 52 2089278 setelah-proton-lepas-malaysia-kembali-bikin-mobil-nasional-Gla1EKhFmw.jpg Ilustrasi Desain MIMCO Alif (Foto: Ist)

KUALA LUMPUR - Rencana untuk menggulirkan kembali program mobil nasional muncul dari pemerintah Malaysia. Mengambil tajuk New National Car Project (NNCP), negeri jiran juga mengajak pemilik usaha kecil menengah sebagai vendor penyedia komponen kendaraan tersebut.

Sejauh ini sudah muncul satu rancangan mobil bertipe Sport Utility Vehicle (SUV) yang ditawarkan. Proposal tersebut datang dari Konsorsium Alam Perkasa (APC) dengan model kendaraan bertajuk Mimco Alif. Perpindahan kepemilikan Proton kepada perusahaan Tiongkok, Geely, juga menjadi pemicu berjalannya mobnas Malaysia jilid dua ini.

 New National Car Project (NNCP)

Mimco sendiri merupakan singkatan dari Malaysian International Motor Company, yang merujuk pada badan hukum proyek mobil nasional negara tersebut. Gambar rancangan awal dari Mimco Alif sendiri beredar sejak bulan lalu sebagai langkah perwujudan produksi kendaraan itu.

Desain awal dari Mimco Alif ini diketahui muncul dari Giorgetto Giugiaro, perancang mobil ternama dari Italia. Sang putra, Fabrizio, dikabarkan ikut menyumbang andil dalam rencana ini. Sekaligus menjadi salah satu tenaga ahli dalam proyek NNCP ini.

Terlepas dari gambar rancangan yang beredar, diduga bentuk nyatanya akan mengalami perubahan. Hal ini terkait dengan pengurangan proporsi massa bodi mobil serta pengubahan ukuran velgnya. Meski, terdapat fitur yang dipertahankan sebagai ciri khusus pada model tersebut.

 Gambar rancangan awal dari Mimco Alif

Fitur tersebut antara lain bentuk grill depan dengan ornamen emblem M besar, dengan efek warna terang. Terlihat juga garis bahu yag berpadu dengan garis tepi jendela samping. Pun, adanya bentuk lampu bagian belakang dengan teknologi LED.

Konsep dari kendaraan ini ditargetkan melakukan debut pada Geneva Motor Show 2020, yang dijadwalkan berlangsung Maret nanti. Proses produksi dan penjualan secara umum diperkirakan akan terwujud pada 2022 nanti. Rencana awal APC menyebut adanya sasaran produksi sebesar 60.000 unit, dengan 80 persen ditujukan untuk pasar ekspor Eropa dan Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini