nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Hapuskan Pajak Mobil Mewah, Asalkan...

Mufrod, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 19:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 08 52 2089501 pemerintah-hapuskan-pajak-mobil-mewah-asalkan-QNBPykIBp9.jpg Mobil listrik nasional (foto: Okezone)

JAKARTA - Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) akan dihapuskan oleh pemerintah atau diberlakukan 0%, jika kendaraan tersebut memiliki emisi 0, maka akan mendapat penghapusan PPnBM.

Insentif pajak tersebut sebagai langkah pemerintah mengatur hadirnya mobil listrik yang di Indonesia dalam waktu dekat ini. Hal tersebut juga memperkuat mobil listrik yang masuk pada kategori kendaraan mewah yang akan dipasarkan di Indonesia.

 Toyota solar cell

"Insentifnya apabila itu 'full electric, atau 'fuel cell' yang emisinya 0, (maka) PPnBm-nya 0," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, ditemui di Istana Negara, Jakarta.

 

Peraturan penghapusan pajak barang mewah di industri otomotif ini, secara tidak langsung mengubah pemberlakuan pajak berdasarkan kapasitas mesin yang menargetkan efisiensi bahan bakar yang terdapat pada mobil jenis low cost green car (LCGC).

Dalam perpres juga disebutkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) juga diatur banyaknya penggunaan yakni mencapai 35%. Langkah ini untuk menumbuhkan industri pendukung lokal bahan baku yang dibutuhkan produsen otomotif.

 Mobil Listrik Lowo Ireng produksi ITS

Namun aturan tersebut, industri otomotif di Indonesia akan diberi kelonggaran awal melakukan impor komponen mobil listrik dari beberapa negara. Setelah 3 tahun pemberlakuan TKDN sebanyak 35 persen harus terpenuhi pada produksi mobil listrik yang dirakit di Indonesia.

Langkah ini sebagai upaya, industri otomotif Indonesia agar bisa menyasar pasar eksport negara tetangga seperti Australia yang tidak memiliki fasilita pabrik. Indonesia akan menjadi negara pensuplai kebutuhan kendaraan di negara Kanguru tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini