nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suzuki Siapkan Pesaing Kawasaki KLX & Honda CRF

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 17:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 08 53 2089464 suzuki-siapkan-pesaing-kawasaki-klx-honda-crf-XnEBVpNxyc.jpg Tampilan Suzuki V-Storm 250 (Foto: Ist)

NEW DELHI - Pasca generasi model terbaru Gixxer dan Gixxer SF meluncur, Suzuki dikabarkan siap memasuki segmen pasar motor petualang. Model motor tersebut diduga menggunakan komposisi mesin 250 cc dan beredar di pasar pengguna pemula (entry level).

Kabar tersebut tentunya menarik untuk pengguna motor petualang di Indonesia. Pasalnya terdapat mdoel alternatif selain rilisan yang sudah lebih dulu hadir yakni Honda CRF dan Kawasaki KLX. Walaupun, belum terdapat gambaran jelas mengenai perbedaan harga dan sistem distribusi barang nantinya.

Perkiraan bentuk dasar dari motor ini kemungkinan mengambil inspirasi dari produk pendahulu Suzuki yang sudah meluncur secara global, V-Storm 250. Perbedaan yang mungkin terjadi kepada model teranyar itu, ada pada kontur bodinya yang lebih ramping dan tidak terlalu padat.

 VStorm Panel

Fitur yang melengkapi motor ini, juga disesuaikan dengan kebutuhan pengendara dalam berpetualang menuju lokasi berbeda. Pemasangan lampu utama yang sepenuhnya berteknologi LED, dilengkapi panel instrumen informasi yang sepenuhnya digital, serta konektivitas melalui bluetooth sehingga dapat menampilkan navigasi kepada pengemudi disebut jadi unggulan.

Secara fisik, terdapat juga komponen berupa kaca depan di atas lampu utama, pemasangan plat pelindung mesin di bagian bawah, serta struktur jok yang cukup nyaman baik untuk pengendara maupun seorang penumpang.

Mesin yang digunakan untuk menjadi sumber tenaga utama dari kendaran ini, diharapkan berupa model SOHC satu silinder dengan empat katup berkubikasi 250 cc. Rangkaian serupa digunakan pada model Gixxer SF 250 yang belum lama meluncur di India. Konon, kekuatan maksimal dari mesin tersebut mencapai hp dengan torsi puncak pada 22,6 Nm.

Diprediksi terdapat suspensi depan teleskopik serta shockbreaker tunggal untuk bagian belakang dengan jarak main cukup panjang. Penempata rem cakram pada bagian depan dan belakang dilengkapi teknologi ABS juga kemungkinan menjadi fitur standar demi keamanan pengendara.

 V-Storm

Model motor petualang Suzuki ini dipandang masih dalam tahap awal pengembangan dengan setidaknya meluncur dalam kurun waktu dua tahun ke depan. Bisa jadi harga yang ditawarkan produk ini tidak berada jauh dari model Honda CRF dan Kawasaki KLX untuk pasar Indonesia saat ini. Honda CRF250 dibanderol sekitar Rp71 juta sementara Kawasaki KLX memiliki label harga Rp63 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini