nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disopiri Mahathir, Jokowi Ungkap Kesan Tumpangi Mobnas Malaysia

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 15:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 52 2089888 disopiri-mahathir-jokowi-ungkap-kesan-tumpangi-mobnas-malaysia-RKwKQvMJmH.jpg Mobil nasional malaysia (foto: Ist)


KUALA LUMPUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan selama setengah hari ke Malaysia, Jumat (9/8/2019). Ia disambut Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, jelang pertemuan bilateral kedua pemimpin negara ASEAN tersebut.

Keduanya dijadwalkan bersantap siang bersama di Dining Hall, Seri Perdana yakni kediaman resmi Perdana Menteri Malaysia. Menariknya, kedua kepala negara berbagi kendaraan untuk menuju lokasi tersebut usai bertemu di kompleks kementrian Perdana Putra, Putrajaya.

 Jokowi & Mahathir jajal mobnas

Mahathir Mohamad berinisiatif untuk berada di balik kemudi, dengan Presiden Jokowi yang duduk di bangku depan. Keduanya terlihat menumpangi sedan kompak Proton Persona, seperti diungkap Jokowi melalui akun Instagram resminya.

Jokowi menyebut ini adalah kali kedua baginya mengendarai mobil nasional Malaysia tersebut bersama Dr M, panggilan akrab Mahathir. “Empat tahun lalu saya diajak oleh beliau untuk melakukan test drive mobil Proton yang disetir sendiri,” ujar mantan Walikota Solo tersebut.

Pengalaman kali ini menurut Jokowi cukup berbeda, lantaran Dr M tidak menggeber kendaraan tersebut hingga kecepatan maksimal. “Kecepatannya sungguh mendebarkan hingga 180 km/jam. Tetapi kali ini pelan-pelan melaju dalam rangkaian kendaraan,” kata Jokowi menambahkan.

Proton Persona yang dikemudikan Mahathir merupakan generasi ketiga dari varian sedan kompak tersebut. Model itu kali pertama diperkenalkan kepada publik pada 1993 lalu, dan sudah melalui pergantian di beberapa aspek, penampilan maupun mesin.

 

Mobil berwarna merah yang ditumpangi kedua kepala negara tersebut, menggunakan mesin 1.6 L DOHC VVT S4PH I4. Kekuatan mesin tersebut diperkirakan mencapai 107 hp dengan torsi puncak 150 Nm, yang tersalur dengan dua pilihan transmisi yakni manual lima percepatan atau otomatis CVT.

Banderol sedan keluaran Proton tersebut bermula dari 42.700 ringgit Malaysia atau berkisar Rp145 juta. Proton sendiri sudah mendapat suntikan dana dari pabrikan Tiongkok, Geely. Keduanya bekerjasama untuk mendatangkan model SUV Proton X70.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini