nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Supercar Listrik Ini Siap Ukir Rekor di Rute Tanjakan Tiongkok

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 11:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 10 52 2090163 supercar-listrik-ini-siap-ukir-rekor-di-rute-tanjakan-tiongkok-8P2IF1pPEG.jpg Volkswagen ID R di Pikes Peak (Foto: Ist)

BEIJING - Pemecahan rekor tempuh trek tanjakan dunia kembali dipersiapkan oleh Volkswagen, dengan unit mobil sport listriknya, ID R. Tim produsen asal Jerman tersebut bakal menantang trek tanjakan jalan besar Tianmen Shan, Tiongkok pada akhir tahun ini.

Produsen asal Jerman tersebut merilis tampilan desain mobil listrik mereka kepada publik bulan ini. Nuansa dominan merah terlihat dari pola livery kendaraan tersebut, usai kali terakhir tampil di Festival Goodwood Juli lalu dengan tampilan biru khas Volkswagen.

 ID R

Warna merah sengaja dipilih dalam kesempatan kali ini, karena dipercaya melambangkan keberuntungan oleh warga Tiongkok. Rute tanjakan Tianmen sendiri merupakan trek jalan berkelok di wilayah dataran tinggi Hunan, Tiongkok.

Rute tersebut berawal dari ketinggian 200 meter hingga mencapai 1.300 meter di atas permukaan laut. Jalanan sejauh sebelas kilometer tersebut hingga saat ini hanya terbuka untuk perjalanan bus menuju objek gua Tianmen di puncak bukit tersebut. Autocar melansir rute tersebut memiliki total 99 tikungan dari awal hingga ke puncak.

Tianmen Shan

Volkswagen ID sebelumnya memecahkan rekor waktu menempuh trek Pikes Peak, Colorado, Amerika Serikat pada Juni 2018 lalu. Lintasan tersebut berjarak 20 kilometer dengan tingkat ketinggian hingga 4.300 meter di atas permukaan laut, serta memiliki total 156 tikungan.

Pembalap pabrikan Porsche, Romain Dumas, sukses membawa Volkswagen ID mematahkan rekor di kelas mobil pada jalur tanjakan ikonik Amerika itu. Ia mencatatkn waktu 7 menit 57,148 detik sekaligus mengungguli rekor sebelumnya milik Sebastian Loeb, dengan keunggulan 15 detik.

 ID R

Volkswagen memang secara khusus merancang model ID R sebagai purwarupa kendaraan terlektrifikasi kencang yang kompetitif. Mobil tersebut menggunakan powertrain berupa dua motor listrik dengan kekuatan maksimal 681 hp. Sistem penggerak semua roda dari Volskwagen ID R juga dilengkapi sistem distribusi torsi untuk menjaga stabilitas pengendalian mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini