nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Bagian pada Helm, Andilnya Besar Lindungi Pemotor

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 16:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 10 53 2090226 mengenal-bagian-pada-helm-andilnya-besar-lindungi-pemotor-kSCQT8Xjhm.jpg Ilustrasi Model Helm (Foto: Ist)

JAKARTA - Pertumbuhan kebutuhan helm semakin bertumbuh seiring perkembangan pengguna kendaraan roda dua di kota besar seperti Jakarta. Pelindung kepala bagi pengendara tersebut bahkan disebut sebagai syarat utama bagi pemotor untuk berkendara di jalan raya.

Mengedepankan faktor kebutuhan tersebut menjadikan penjualan helm beserta aksesorinya turut menjamur di Jakarta. Berbagai bentuk dan desain ditawarkan mengikuti selera para pemotor, bahkan tidak jarang menjadi tren tersendiri di kalangan pengguna roda dua.

Perbedaan lain terletak pada kualitas bahan baku yang digunakan baik sebagai pelindung di lapisan terluar, hingga busa pada bagian dalam. Setidaknya terdapat tiga lapisan utama pada helm, yang sebaiknya anda ketahui sebagai berikut.

Kerangka luar/Batok

Bagian ini dapat dibilang seperti sebuah kerangka utama pada sebuah helm. Pasalnya, lengkung dan bentuk dari batok helm ini mempengaruhi bentuk utama dan desain dari helm secara keseluruhan, termasuk sebagai tempat menempel dari bagian pelindung lain di bagian dalam helm tersebut.

Salah satu pilihan bahan yang digunakan sebagai bahan baku bagian batok tersebut adalah polikarbonat. Alasan utama penggunaan bahan itu dikarenakan daya tahan penggunaan bahannya, juga bobotnya yang ringan. Bahan lain yang kerap muncul adalah serat komposit, rangkaian serat karbon, dan Kevlar.

 struktur helm

Setiap produsen memiliki dasar batok tersendiri dalam membangun produk helmya. "Untuk RSV helmet setidaknya terdapat sembilan model batok untuk menaungi ratusan desain dari berbagai model helm kami," ujar Exevutive Director RSV Helmets Indonesia, Richard Ryan.

Expanded Polystyrene (EPS)

Penempatan styrofoam menjadi penting sebagai lapisan pertama di bagian dalam pada helm. Penyebab utama penggunaan bahan ini adalah keandalannya dalam menyerap impak benturan. Selain itu, biaya bahan bakunya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan kualitas yang didapat.

Dalam produk helm kelas premium, bahan styrofoam mulai digantikan dengan Koroyd yang memiliki keunggulan menyerap energi benturan 30 persen lebih besar. Material ini terbentuk dengan menyatukan serangkaian tabung plastik berukuran mini sebagai lapisan dalam.

 Padding

 

Bagian ini menjadi yang paling sering berinteraksi dengan kulit kepala dan wajah dari pengendara motor. Material busa yang digunakan terbilang beragam untuk menonjolkan aspek keamanan sekaligus kenyamanan bagi pemakainya. Hal lain yang patut dihindari adalah timbulnya iritasi akibat kontak bagian helm dengan kulit pengguna.

RSV Helmets

Kenyamanan bentuk serta material busa ini juga diletakkan untuk mengatur sirkulasi udara hingga mengatur kelembaban udara dalam helm. "Salah satu alasan RSV memiliki inovasi padding yang dapat dicopot berkaitan dengan higienitas padding. Sehingga pengguna bisa mengeringkannya jika terdapat keringat terlalu banyak," kata Richard menambahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini