nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perilaku Konsumen Dalam Memilih Helm, Lirik Harga hingga Warna

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 10 53 2090252 perilaku-konsumen-dalam-memilih-helm-lirik-harga-hingga-warna-wgkyFL8fAO.jpg Ilustrasi Display Penjualan Helm (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berbagai faktor mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian helm. Meski prinsipnya demi menjaga keamanan ketika mengendarai roda dua di jalan raya, terdapat preferensi tersendiri sebelum menjatuhkan pilihan dalam membeli pelindung kepala itu.

Pertimbangan utama yang masih menjadi perhatian pembeli adalah harga dari sebuah produk. Terutama dengan frekeunsi pemakaian harian, keterjangkauan harga diharapkan dapat mengimbangi kualitas perlindungan sesuai yang diharapkan.

Hal tersebut diungkapkan salah satu pemotor, Silverius, yang mengaku menggunakan helm bertipe fullface keluaran lokal. Dengan helm seharga Rp500-600 ribu, disebutnya menawarkan fitur dan kenyamanan yang pas dalam kegunaannya sehari-hari.

 RSV Helm

Keyakinan dalam memilih produk tersebut juga bersumber pada informasi yang tersedia di laman forum hingga media sosial. "Setidaknya bentuknya tidak terkesan murahan walau secara harga tidak termasuk mahal," ujarnya saat ditemui Okezone Otomotif.

Perhatian mengenai harga juga diutarakan oleh pemotor lain, Boma, kepada Okezone. Baginya model menjadi faktor terakhir dalam keputusan pembelian kelengkapan berkendara itu. "Bisa dibilang model menjadi tidak terlalu penting. Walaupun tetap saja memperhatikan faktor standar pembuatan," ujarnya.

Hal serupa diamini oleh Executive Director RSV Helmets, Richard Ryan. Menurutnya, kebanyakan pemotor di Indonesia merasa sayang jika harus menggunakan helm premium untuk digunakan dalam keseharian. "Seperti ada kekhawatiran soal penyimpanan meski mereka merasa nyaman," ujarnya.

 RSV Helm

Pertumbuhan segmen pengguna helm harian menjadi salah satu fokus utama bagi produsen helm lokal tersebut. "Sebenarnya untuk soal kualitas, dasarnya semua produk harus dalam kondisi terbaik agar lolos uji regulasi dan standar keamanan dari pemerintah. Akhirnya, bentuk dan harga jadi penentu bagi konsumen," kata Richard menambahkan.

Kecenderungan dalam pemilihan bentuk hingga warna desain dari sebuah helm ditemui pada beberapa konsumen wanita. Mereka menempatkan ketertarikan pada segi tampilan tersebut sebagai keputusan utama saat membeli pelindung kepala tersebut.

Tidak jarang mereka menjatuhkan pilihan dengan bentuk helm yang tengah marak digunakan oleh rekan-rekannya. "Awalnya melihat banyak orang mengenakan helm model Bogo. Sehingga terbawa ketika butuh membeli helm baru," ujar salah seorang pengendara, Chandrika.

 

Faktor tersebut diakui Richard sebagai pendorong konsumen wanita ketika membeli helm baru. Mereka turut menganggap helm sebagai sebuah item fashion. "Itu sebabnya pengaruh warna menjadi salah satu penentu bagi mereka saat membeli helm," katanya menambahkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini