nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langkah Ini, Bisa Cegah Timbul Bau dan Jamur pada Helm

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 18:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 10 87 2090278 langkah-ini-bisa-cegah-timbul-bau-dan-jamur-pada-helm-BpnSwzr7Bn.jpg Ilustrasi Deretan Helm Motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bau tidak sedap dari helm sering dikeluhkan pemotor mengganggu kenyamanan mereka dalam berkendara. Selain itu, suhu jalanan yang cenderung panas juga membuat pengendara roda dua berkeringat dan meninggalkan noda pada bagian dalam helm.

Kebanyakan mereka memilih untuk mengatasi bau tidak mengenakkan dari pelindung kepala itu, dengan menggunakan jasa pencucian helm. Baik yang terletak di deretan pertokoan maupun fasilitas yang tersedia dalam area parkir motor.

Meski menjadi solusi sementara menyangkut kebersihan helm, pengguna bisa melakukan langkah antisipatif dengan melakukan perawatan rutin. Terutama, ketika helm tidak sedang digunakan dalam kegiatan sehari-hari atau berkendara dalam jangka waktu cukup lama.

 RSV Helm

Hal penting yang patut diperhatikan adalah memberikan cukup paparan sinar matahari dan udara pada lapisan dalam helm. "Penting untuk setidaknya membuka kaca penutup bagi helm full face. Serta, melepas bagian padding dan mengeringkannya secara terpisah," ujar Executive Director RSV Helmets, Richard Ryan.

Fitur lapisan padding yang bisa dilepas tersebut memberi kesempatan bagi pengguna untuk melakukan perawatan bagian dalam helmnya secara berkala. "Tentunya dengan perawatan rutin serta pemaparan dengan udara terbuka akan mengurangi potensi tumbuhnya jamur yang mungkin menyebabkan bau tidak sedap," kata Richard menambahkan.

Melakukan pencucian helm sebagai langkah perawatan helm memang tidak disalahkan. Namun, Richard menekankan pentingnya menghindari kontak permukaan dalam helm dengan air, apalagi jika harus terendam dalam jangka waktu tertentu.

 RSV Helm

Idealnya pembersihan helm dapat menggunakan foam atau buih pembersih khusus yang lantas dikeringkan menggunakan lap serat mikro atau kanebo. "Tentunya hal tersebut tidak memakan waktu lama. Kebersihannya tetap terjamin dan melindungi beberapa komponen dari penyusutan akibat kontak dengan air." ujar Richard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini