MotoGP Seri Austria Jadi Debut Safety Car Terbaru Ini

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 11 52 2090522 motogp-seri-austria-jadi-debut-safety-car-terbaru-ini-W0feFpWRuq.jpg BMW M8 Safety Car MotoGP (Foto: Ist)

SPIELBERG - Tradisi penggunaan mobil keluaran BMW sebagai safety car dalam gelaran balap motor dunia, MotoGP, sudah berlangsung sejak 1999. Kini, unit terbaru dari produsen asal Jerman tersebut, BMW M8 Moto GP Safety Car bersiap melakukan debutnya pada GP Austria, Minggu (11/8/2019) malam ini.

Tugas utama safety car memang memimpin kendaraan peserta, dalam hal ini pembalap motor, setiap jelang start atau kondisi dinilai membahayakan. Meski melaju dalam kecepatan teratur, tidak berarti BMW menyediakan unit dengan spesifikasi seadanya.

Model yang nantinya akan diluncurkan sebagai kendaraan pengaman balapan tersebut sebelumnya turut diperkenalkan sebagai varian BMW M8 GTE pada akhir Juni. Kendaraan tersebut mengambil dasar dari gubahan divisi performa BMW M pada Seri 8, dengan peningkatan spesifikasi dan komponen eksterior.

 M8 Safety Car MotoGP

Paket performa yang menyertai mobil ini adalah mesin jenis V8 4.4 L M TwinPower Turbo. Kekuatan dari mesin tersebut bisa mencapai 625 hp yang tersalur pada sistem penggerak semua roda xDrive, melalui transmisi steptronic delapan percepatan. Sekaligus memiliki fitur diferensial DriveLogic.

Mobil pengaman balapan itu diperkirakan mampu melaju dari titik diam hingga 100km/jam dalam kurun wakttu 3,2 detik. Dilansir dari laman Automobilsport, BMW M8 MotoGP safety Car menghabiskan sekitar 10,5 liter untuk jarak sekitar 100 km.

 M8 Safety Car MotoGP

Pengubahan juga terdapat dari segi penampilan dengan adanya komponen modifikasi pada mobil tersebut. Seperti adanya rear diffuser, side skirt, serta sayap belakang daribahan. Sekaligus penggunaan livery atau desain cat khusus bertema MotoGp dan BMW.

Bergabungnya BMW M8 memperpanjang daftar security car dari produsen asal Jerman itu. Sebelumnya sudah ada tipe BMW lain yang bertugas sebagai safety car di ajang MotoGP, seperti BMW M2, M4 Coupe, juga M5.

MotoGp

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini