nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemotor Harus Ubah Kebiasaan Meletakkan Helm Sembarangan

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 16:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 11 87 2090555 pemotor-harus-ubah-kebiasaan-meletakkan-helm-sembarangan-lZPvi5od6u.jpg Ilustrasi Lapak Helm Kaki Lima (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebanyakan pemotor kerap meninggalkan helm secara sembarangan pada kendaraannya. Kebiasaan ini meningkatkan risiko timbulnya kerusakan pada bagian luar helm, seperti lapisan luar cangkang hingga kaca pelindung (visor).

Tersedianya fasilitas penitipan helm di area parkir keramaian pun tidak banyak mengubah perilaku tersebut. Pemotor sudah kadung merasa praktis untuk meletakkan helm dengan menaruhnya pada bagasi hingga kaca samping.

Ketidakhati-hatian dalam proses penyimpanan ini tidak jarang berakibat pada gesekan pada bagian visor, hingga terjatuhnya helm dari motor. Hal tersebut bisa membuat bagian luar helm tergores, maupun timbulnya keretakan hingga pecahnya visor.

 parkir motor

Problem tersebut sering menjadi ihwal bagi konsumen untuk mengganti komponen helm mereka. "Memang kasus paling banyak datang untuk penggantian visor. Bahkan ada yang tercatat kembali datang ke toko berselang seminggu sejak perbaikan," ujar Executive Director RSV Helmets, Richard Ryan.

Ia mendorong pemotor untuk lebih memperhatikan proses penyimpanan helm , setidaknya untuk menjaga bagian visor atau sisi luar helm dari goresan. "Cara termudah memang menggunakan lapisan pembungkus, lebih bagus jika menggunakan tas khusus saat diletakkan," kata Richard.

Proses penyimpanan yang baik juga berpengaruh pada lapisan bagian dalam helm. Terlebih, jika bagian padding dapat dilepas sehingga memberi kesempatan mereka mendapat ekspos udara terbuka. Hal tersebut mengurangi resiko tumbuhnya jamur karena kelembaban udara di tempat penyimpanan helm.

 

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk merawat kondisi helm agar tetap nyaman dipakai adalah dengan membersihkannya secara rutin. "Gunakan foam atau busa pembersih khusus dan pakai lap saja. Kalau kerap dicuci dengan merendam dapat berpengaruh pada kepadatan lapisan dalam helm," ujar Richard menjelaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini