nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paradigma Konsumen soal Harga Mahal Spare Part Resmi Mobil Mulai Luntur

Mufrod, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 52 2091300 paradigma-konsumen-soal-harga-mahal-spare-part-resmi-mobil-mulai-luntur-rPx0MRnhVr.jpg Konsumen saat membeli spare part Suzuki (foto: Ist)

JAKARTA – Banyak konsumen pemilik mobil yang hingga kini enggan melakukan servis di bengkel resmi karena dinilai memiliki harga yang sangat mahal. Namun hal tersebut berhasil dipatahkan produsen Suzuki melalui pencapaian banyaknya konsumen yang menggunakan suku cadang asli.

Dari data penjualan suku cadang di semester pertama periode Januari hingga Juni 2019, permintaan suku cadang resmi atau Suzuki Genuine Parts (SGP), meningkat sekira 12,5%. Hal tersebut membuktikan terjadinya pertumbuhan dari konsumen yang mulai banyak menggunakan suku cadang asli pabrikan.

 Spare part Suzuki

Pencapaian ini menurut Ignatius Ratrianto, Head of Spare Parts PT Suzuki Indomobil Motor, sangat mengapresiasi bahwa kini masyarakat sudah semakin peduli untuk menjaga mobilnya tetap prima dan memaksimalkan tampilannya. Selama Januari hingga Juni 2019, jumlah permintaan suku cadang dan aksesori terus tumbuh positif.

 

"Antusiasme serta permintaan ini akan terus kami penuhi sehingga konsumen tidak perlu khawatir karena kami menjamin ketersediaan SGP dan SGA di seluruh dealer resmi Suzuki,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Selasa (13/8/2019).

Kesadaran konsumen terhadap kualitas dan harga dari penggunaan suku cadang asli saja, namun meningkatkan tampilan mobil agar makin ciamik juga menjadi pilihan banyak konsumen. Salah satunya terjadi peningkatan penjualan komponen aksesori, Suzuki membukukan peningkatan penjualan pada aksesori all new Ertiga.

 

Salah satu kontributor terbesar pada pertumbuhan penjualan SGA adalah aksesoris All New Ertiga Suzuki Sport dimana sepanjang Maret hingga Juli 2019, berhasil meraih revenue sebesar Rp21 miliar dan memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap total penjualan seluruh aksesoris resmi mobil Suzuki. Selama bulan Juli 2019, aksesoris Suzuki berhasil membukukan penjualan senilai Rp6,9 miliar dengan persentase pertumbuhan sebesar 60% dibanding bulan sebelumnya.

 

Pencapaian kesadaran konsumen menggunakan suku cadang asli tentu bukan timbul sendirinya, mengingat Suzuki telah menawarkan konsep spare part kit melalui suku cadang yang dibutuhkan konsumen dalam satu kemasan, sehingga tidak perlu membeli suku cadang secara terpisah. Inilah salah satu cara Suzuki mematahkan paradigma konsumennya di tanah air.

1
2

Berita Terkait

Suzuki Ertiga

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini