nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjualan Kecil, Produsen Motor Ini Pede Gandeng Pabrikan Tenar

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 13 53 2091248 dua-produsen-motor-ini-bersedia-teken-kerjasama-Z3pjHnJ3pG.jpg Triumph Bonneville T120 (Foto: Ist)

NEW DELHI - Pembicaraan tingkat lanjut mengenai kerjasama antara dua produsen motor dunia, Bajaj dan Triumph, memasuki tahap akhir. Konfirmasi mengenai kepastian adanya aliansi antara dua pihak tersebut datang pekan ini.

Executive Director Bajaj, Rakesh Sharma, menyebut kedua pihak akan segera menandatangani kesepakatan setidaknya pada pertengahan tahun depan. Kedua pihak sudah membuka kemungkinan untuk melakukan kerjasama sejak 2017 lalu.

Saat itu terdapat pembahasan mengenai Triumph yang mengajak Bajaj untuk memproduksi motor berkapasitas mesin 700 cc. "Dalam perkembangannya saat ini sudah ada diskusi dalam tingkat tinggi mengenai manufaktur serta riset pengembangan motor kedua pihak," ujar Sharma seperti dikutip oleh laman RideApart.

 V15 150

Bajaj sendiri memiliki posisi lebih superior dibandingkan Triumph dalam pasar kendaraan roda dua di India. Produsen asal India itu tercatat menjual 2.541.320 unit motor sepanjang Maret 2018-Maret 2019, serta berada di posisi keempat terbesar di pasar negara asalnya.

Perjanjian kerjasama antara kedua pihak dikabarkan memuat wacana untuk mengembangkan lebih banyak model motor berkapasitas 125 cc hingga 390 cc. Nantinya, produk ini akan dipasarkan secara global untuk wilayah India, Eropa, hingga Jepang.

Bajaj juga bersiap menyediakan pabriknya di Chakan, India sebagai lokasi rencana produksi bersama dengan Triumph tersebut. Nantinya, fasilitas produksi yang sama juga digunakan sebagai tempat perakitan produk KTM dan Husqvarna dalam perjanjian berbeda.

 Bonneville T120

Perwujudan kerjasama Bajaj dengan banyak produsen dengan pembagian pasar penjualan lebih kecil, membuatnya berpotensi memiliki jangkauan lini produk lebih luas. "Prinsip kerjasama yang ada terbilang memuaskan dan memberi keuntungan pada semua pihak," kata Sharma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini