nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mobil Terhindar Karat Setelah dari Pantai

Mufrod, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 11:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 87 2091251 tips-mobil-terhindar-karat-setelah-dari-pantai-rNS0JAXHFj.jpg Cegah karat bodi mobil begini caranya (foto: Ist)

JAKARTA - Wisata ke kawasan pantai menjadi destinasi yang selalu menjadi pilihan keluarga, namun perlu diperhatikan, bahwa kawasan pantai menjadi musuh utama bagi bodi mobil cepat karat karena sistem oksidasi.

Meski tak terkena air laut secara langsung, molekul garam yang tertiup angin dari arah pantai bisa menjadi proses oksidasi yang jika dibiarkan bisa menimbulkan karat di bagian bodi mobil.

 Karat Mobil

Karenanya bagi pemilik kendaraan yang habis melakukan wisata ke pantai, menurut kepala bengkel Auto2000 Raden Intan Nurrahman Adi Saputra, disarankan untuk segera mencuci kendaraan terutama bagian kolong kendaraan

"Cuci kendaraan hingga kekolong, semprot bagian kolong kendaraan dengan air bertekanan. Selesai mencuci keringkan bagian yang terjangkau sampai benar-benar kering lalu aplikasikan wax untuk melindungi cat mobil anda,"katanya.

 Komunitas Mobil

Ia menambahkan, untuk mengeringkan bagian kolong, bawa kendaraan anda berjalan dengan kecepatan konstan sekitar 80kpj untuk mengeringkan.

Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah rem, semprot kaliper, piringan dan kampas rem dengan brake cleaner untuk membersihkan dari sisa2 pasir pantai. Agar tidak menyebabkan karat yang dapat membuat rem macet.

 

Tips menjaga bodi terhindar dari proses oksidasi, ini merupakan salah satu langkah yang diberikan Innova Community kepada seluruh anggotanya yang baru saja melakukan kegiatan penanaman 1300 pohon bakau di pulau mahitam dan sosialisasi pelestarian terumbu karang untuk pariwisata di pantai Sari Ringgung. Dalam rangka ulang tahun ke-13 Innova Community.

 

Kegiatan yang diadakan di pantai dan laut, memunculkan kekhawatiran pada kendaraan mereka, karena kondisi daerah dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan karat di kendaraan innova anggota IC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini