nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Esemka Ogah Disebut Mobil dari China

Mufrod, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 52 2091734 mobil-esemka-ogah-disebut-mobil-dari-china-9s9NTm3Zlc.jpg Pabrik mobil Esemka di Solo (foto: Bram/Okezone)

JAKARTA - Mobil Esemka yang kini mulai diperkenalkan tak ingin disebut sebagai mobil asal China. Hal tersebut diungkap langsung oleh Presiden Direktur PT SMK, Eddy Wiraja, bahwa mobil tersebut bukan dari China seperti yang diperkirakan banyak orang.

"Mobil ini kita rakit di pabrik PT SMK Solo, Jawa Tengah, komponennya sendiri mengandalkan dari industri otomotif lokal yang ada di Indonesia," katanya di di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan.

 Pabrik Esemka

Meski menampik bukan produk China, Eddy mengungkap memang beberapa komponen internal mesin ada yang diimport dari China, namun bentuknya terurai bukan completly build up (CBU). Komponen tersebut kemudian dirangkai di Indonesia.

Karenanya, anggapan bahwa mobil Esemka ini merupakan mobil asal China yang hanya diganti emblemnya saja, merupakan kabar yang tidak benar. Meski tidak disebut sebagai mobil nasional, namun Esemka menjadi mobil buatan Indonesia dan bukan kendaraan yang didatangkan langsung dari China.

 

"Mobil ini bukan dari China, seperti yang banyak dikabarkan, kita benar-benar merakitnya sendiri dan tidak mengganti logo dengan milik Esemka," ungkap Eddy.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini