nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peraturan Usia Kendaraan 10 Tahun Belum Ganggu Pasar Mobil Seken

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 16:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 52 2091877 peraturan-usia-kendaraan-10-tahun-belum-ganggu-pasar-mobil-seken-usa6KJWzqu.jpg Pasar mobil seken (foto: Ist)

 

JAKARTA - Rencana pembatasan usia kendaraan selama 10 tahun yang akan dilarang digunakan di DKI Jakarta, akan memberi dampak pada bisnis penjualan mobil bekas. Para pengusaha mobil bekas pun diprediksi akan mengalami hal yang sulit saat peraturan ini diberlakukan.

Meski rencana ini akan diberlakukan pada 2025 mendatang, namun salah satu situs jual beli mobil, saat ini belum memberlakukan pembatasan penjualan mobil berdasarkan tahun produksinya. Seluruh konsumen masih bisa terbantu untuk menjual mobil tanpa batasan usia produksinya.

mobil seken

"Sejauh ini kami belum memasang batasan usia untuk membantu penjualan kendaraan. Hampir semua pemilik kendaraan golongan itu terbantu," ujar Country Manager Carsome Indonesia, Andreas Djingga.

Bahkan diakuinya saat ini mobil dengan usia yang cukup lama, masih memiliki angka penjualan yang cukup baik, dimana konsumen banyak yang mencari mobil dengan usia cukup tua. Hal ini diperkirakan karena harga yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan pembeli yang ingin memiliki kendaraan.

Meski demikian peraturan tersebut saat ini masih terus dipantau terkait tingkat daya beli konsumen  terhadap kendaraan berusia di atas 10 tahun tersebut. Sembari melakukan edukasi kepada pemilik kendaraan yang tergolong berumur terhadap target peminat mereka. "Apabila memang permintaan tersebut tidak ada, maka kami tidak akan memaksakan penjualan mobil," kata Andreas menjelaskan.

 

Sementara setiap dealer memiliki spesialisasi perihal tipe kendaraan yang mereka butuhkan. Sebagai contoh penyedia kendaraan bekas bagi peminat dalam golongan komunitas atau pecinta mobil klasik, yang masih menjadi bagian dari pasar kendaraan bekas.

 

Secara khusus peminatan jejaring dealer yang beragam menjadi bekal bagi paltform penghubung seperti Carsome, untuk membantu pemilik mobil bekas. "Terlepas dari merk dan kriteria seperti usia, kendaraan bekas memiliki peminatan tertentu. Ada saja dealer yang mengajukan minat ke kami," ucap Sigit Setyawan, Inspector Assistant Manager Carsome.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini