nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengunci Setang Motor ke Sebelah Kanan Minimalisir Risiko Pencurian?

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 08:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 15 87 2092103 mengunci-setang-motor-ke-sebelah-kanan-minimalisir-risiko-pencurian-XIJdh9myTY.jpg Mengunci setang ke sebelah kanan (foto: Ist)

JAKARTA - Mengunci motor ke sebelah kanan banyak dinilai meminimalisir risiko terjadinya kejahatan pencurian karena posisi setang menyulitkan alat pencurian membuka setang yang dalam keadaan terkunci.Namun sayangnya tak semua model motor bisa dikunci setang ke arah kanan.

Meski sistem pengamanan ini terbilang belum bisa memastikan motor terhindar dari kejahatan pencurian, bahkan terdapat sebuah tayangan yang menyatakan penguncian setang ke sebelah kanan dinilainya bisa menghindari terjadinya risiko pencurian menggunakan kunci khusus dengan ukuran yang cukup panjang.

Melalui sebuah video yang beredar di media sosial, terdapat tips untuk mengganti kebiasaan arah mengunci stang motor. Pembuat video tersebut menyarankan pengguna motor untuk mengarahkan stang ke arah kanan, alih-alih kiri, ketika mengunci kendaraan.

 

Hal yang menjadi pertimbangan pembuat video tersebut, terdapat celah bagi pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) untuk membongkar kunci. Pasalnya, ruang gerak pada sisi kanan motor tergolong leluasa dibandingkan ketika stang dikunci sembari menghadap arah berbeda.

Pria dalam unggahan video tersebut pun memperagakan bagaimana penggunaan kunci T, terlihat mudah saat pemilik meningglkan motornya dalam posisi stang mengarah ke kiri. Namun, terdapat kelemahan dalam tips atau saran yang diberikan oleh pria pembuat video tersebut.

 

Pembuat tayangan tersebut seperti menafikan kemungkinan, terdapat beberapa produk sepeda motor yang tidak bisa dikunci stang menghadap kanan. Walaupun, dalam contoh video tersebut menggunakan unit Honda Scoopy sebagai contoh, yang memang bisa dikunci stang menghadap arah kanan.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah fakta bahwa pelaku curanmor kini menggunakan kunci T berukuran kecil. Berbeda dengan peralatan yang digunakan pembuat video tersebut yang sekilas berukuran cukup besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini