nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Buick Limited Mobil Pertama Kepresidenan Republik Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 09:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 17 52 2093131 mengenal-buick-limited-mobil-pertama-kepresidenan-republik-indonesia-3ZZDNdm0v9.jpg Presiden Soekarno dengan mobil Buick Limited (foto: Ist)

JAKARTA - Kisah heroik mengenai kemerdekaan Republik Indonesia mengiringi kehadiran mobil kepresidenan pertama, Buick Limited-8. Mobil tersebut diperoleh dengan mengambil alih kepemilikan kendaraan dinas milik seorang pejabat Jepang.

Mobil tersebut diperoleh seorang pejuang kemerdekaan, Sudiro, dengan melakukan negosiasi dengan supir pejabat Jepang tersebut. Uniknya, negosiasi berjalan sukses dengan sang supir disarankan untuk pulang ke kampung halamannya untuk menghindar dari amukan sang majikan.

 Mobil Kepresidenan RI

Kejadian tersebut berlangsung tak lama berselang usai Republik Indonesia mengumumkan kemerdekaannya, melalui proklamasi pada 17 Agustus 1945. Kendaraan tersebut kemudian tersimpan di kediaman Presiden Soekarno, serta digunakan menunjang kegiatan negara di periode awal kemerdekaan.

 

Tugas kenegaraan mobil tersebut resmi berakhir pada 1979, saat Istana Negara menyerahkannya untuk disimpan di Museum Joang 45, Jakarta. Kendaraan dengan plat nomor Rep 1 itu hingga saat ini masih menampilkan diri setahun sekali, yakni ketika napak tilas kemerdekaan setiap 16 Agustus.

Secara teknis mobil tersebut diproduksi pada tahun 1939 dengan daya angkut penumpang hingga tujuh orang. Hal yang membuatnya menyandang embel-embel limited adalah jumlah produksinya yang terbatas dari pabrikan Buick di Detroit Amerika Serikat, hanya 1.451 unit pada 1939.

Produsen yang akhirnya menjadi bagian dari grup General Motor tersebut berniat melakukan pembaruan rancangan secara besar pada tahun tersebut. Namun, karena langkah tersebut terhambat dan akhirnya menggunakan bodi edisi 1938.

 

Buick menempatkan mesin delapan silinder berkapasitas 5,2 L dengan kemampuan tenaga maksimal hingga 141 hp serta torsi puncak 365 Nm. Saluran tenaganya menggunakan transmisi manual tiga percepatan dengan sistem penggerak roda belakang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini