nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Spesifikasi Mobil Mantan Presiden RI yang Dipamerkan di Istana

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 10:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 17 52 2093134 intip-spesifikasi-mobil-mantan-presiden-ri-yang-dipamerkan-di-istana-BSULLjuYFF.jpg Mobil mantan Presiden RI Soeharto (foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Istana Kepresidenan memajang koleksi khusus mobil kepresidenan, untuk meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74. Sebanyak dua unit mobil negara era Presiden Soeharto tersebut terparkir di area Istana Kepresidenan pada Sabtu (17/8/2019) pagi ini.

Keterangan resmi dari Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyebut kendaraan tersebut mengemban tugas sebagai mobil kenegaraan pada 1987 hingga 1990. Ia juga menyebut pemerintah Indonesia saat itu memesan kendaraan secara khusus serta pernah ditugaskan menyambut tamu negara.

 Mobil Presiden Soeharto

Penempatan koleksi mobil kepresidenan tersebut beriringan dengan harapan penambahan wawasan masyarakat mengenai katalog kendaraan kepresidenan Indonesia. "Kami pajang dua biar ada hiburan undangan sambil lihat foto-foto," ujar Heru kepada Okezone.

 

Mengacu pada spesifikasi umum dari Cadillac Brougham pada era tahun tersebut, diperkirakan mesin yang menempel adalah tipe 307 V8 berkapasitas 5 L. Tenaga yang dapat diletupkan oleh mobil tersebut mencapai 140 hp dengan torsi puncak 332 Nm.

Kekuatan tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis Hydramatic emoat percepatan. Cadillac memproduksi mobil tersebut pada periode 1987 hingga 1992 sebanyak 233.631 buah di seluruh dunia. Namun, tidak diketahui secara persis apakah mobil kepresidenan Indonesia tersebut memiliki fitur khusus.

Walaupun hanya terpajang sebagai objek foto para pengunjung seremoni peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Heru memastikan kondisi kendaraan ini masih terawat. Walaupun sudah pensiun lebih dari dua dekade lalu.

 

Kedua unit Cadillac tersebut sempat mendapat perlakuan reparasi ke sebuah bengkel pada era Presiden Megawati Soekarno Putri. "(Kedua mobil)Ini masih bisa jalan, masih bisa dipakai," kata Heru menambahkan saat memberi keterangan pada media.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini