nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Mobil Kepresidenan Era Soekarno

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 13:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 17 52 2093198 deretan-mobil-kepresidenan-era-soekarno-1HXTdLJSre.jpg Cadillac Seventy Five (Foto: Ist)

JAKARTA - Ketertarikan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, pada dunia otomotif terlihat pada masa jabatannya. Salah satunya adalah beragamnya model kendaraan yang ia gunakan dalam kegiatannya semasa menjabat kepala negara.

Mengingat masa jabatannya saat itu, tidak mengherankan jika mobil keluaran produsen asal Amerika Serikat dan Eropa mendominasi dalam daftar koleksinya. Meskipun, sejumlah model kendaraan yang ia gunakan belum dapat dibilang sebagai unit eksklusif mengingat juga diproduksi massal.

Durasi serta momentum penggunaannya pun berbeda, baik dalam rangka menunjang kegiatan kenegaraan maupun aktivitas pribadi. Presiden Soekarno juga pernah mendapatkan mobil mewah pada era tersebut sebagai hadiah dari pemimpin negara sahabat, seperti Amerika Serikat maupun Rusia.

Sejumlah model kendaraan pun tidak semuanya berada dalam naungan negara. Beberapa mobil diketahui dimiliki pihak sipil sebagai koleksi maupun kendaraan pameran. Berikut contoh kendaraan koleksi maupun dinas Presiden Soekarno.

Chrysler Imperial 1938

Mobil ini memiliki kisah tersendiri terkait tugasnya sebagai mobil dinas Presiden Soekarno. Pasalnya, kendaraan tersebut ditumpangi sang proklamator dalam insiden percobaan pembunuhan pelemparan granat di Cikini, 1957 lalu.

 Imperial

Varian kendaraan empat pintu tersebut menggunakan mesin dengan kapasitas 5.3 L yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 130 hp. Distribusi keluaran tersebut melalui transmisi manual tiga percepatan serta sistem penggerak roda belakang.

Cadillac Fleetwood 75 Limo

Kendaraan dinas presiden ini mungkin adalah yang terpanjang, dengan ukuran mencapai 6.205 mm. Namun, mobil rilisan produsen asal Amerika Serikat ini malah menjadi kendaraan kepresidenan terakhir di era kepemimpinan Soekarno.

 Seventyfive

Mobil ini diproduksi sebagai salah satu unit seri Presidential dalam jumlah terbatas. Mesin yang digunakan merupakan tipe V8 berkapasitas 6.700 cc dengan kekuatan tenaga maksimal mencapai kisaran 340 hp bertransmisi otomatis.

Mercedes-Benz 600

 

Deretan mobil mewah keluaran Eropa pada era jabatan Presiden Soekarno berlanjut dengan kehadiran Mercedes Benz 600. Dikabarkan salah satu penampilan menonjol sedan buatan Jerman ini terjadi saat Soekarno menghadiri Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 silam.

 600

Secara teknis kendaraan ini memliki ukuran panjang sekitar 6.240 mm dan lebar 1.950 mm. Mesin yang digunakan memiliki tipe M100 V8 berkapasitas 6.3 L dengan potensi kekuatan mencapai 250 hp serta kecepatan maksimal 204 km/jam

Chaika Gaz 13

Kendaraan buatan Rusia di era Uni Soviet tersebut diperoleh Presiden Soekarno melalui pemberian koleganya, Nikita Khrushchev. Sosok yang pernah menjabat Perdana Mentri Uni Soviet itu, terekam bertandang ke Istana Bogor pada 1961 silam.

 Gaz

Varian limosin buatan negara Eropa Timur tersebut menggendong mesin tipe M-13B V8 dengan kapasitas 5.5 L. Rangkaian tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 195 hp yang tersalur melalui transmisi otomatis tiga percepatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini