nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Kepresidenan Tercanggih, dari Mercedes Benz hingga BMW sebagai Penggoda

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 18:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 17 52 2093272 mobil-kepresidenan-tercanggih-dari-mercedes-benz-hingga-bmw-sebagai-penggoda-2LCqBETHc2.jpg Ilustrasi Plat Nomor Mobil Presiden Republik Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Permasalahan sempat timbul dalam penggunaan unit Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang digunakan oleh Presiden Jokowi sebagai kendaraan dinas. Mobil tersebut sempat mogok dalam kesempatan berbeda pada 2016 dan 2017 lalu.

Sumber dari mogoknya mobil presiden itu diperkirakan berasal dari pengaturan akselerasi. Beban sebesar 1 ton karena tambahan sistem keamanan dan pelat perlindungan, membuat mesin pada mobil Mercedes tersebut harus bekerja keras. Usia kendaraan buatan 2008 tersebut pun mulai berpengaruh pada kekuatannya untuk unjuk performa secara optimal.

Spesifikasi dari sedan kelas atas dari produsen asal Jerman tersebut sebenarnya tergolong mumpuni. Hal itu bisa dilihat dari penempatan mesin tipe M275 biturbo V12 dengan kapasitas 5.5 L, yang mampu meletupkan tenaga sekitar 510 hp. Kecepatan maksimalnya diibatasi secara elektronik demi keamanan pada 160 km/jam.

 S600 Pullman Guard

Timbulnya kendala yang muncul dalam tugas kenegaraan presiden tersebut membuat pemerintah berpikir untuk melakukan pembaruan unit. Mercedes pun menawarkan model terbaru dari S600 Pullman Guard keluaran 2017 yang berharga hampir Rp12 miliar

Wacana tersebut harus dibatalkan mengingat munculnya kritik terkait kondisi ekonomi yang tengah lesu beberapa waktu lalu. Namun, tawaran lain datang dari sesama produsen mobil asal Jerman, BMW. Mereka mengajukan unit seri 7 F02 sebagai calon mobil kepresidenan baru.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania, Juli lalu. Menurutnya, spesifikasi keamanan pada unit mobil seri 7 F02 sudah tergolong di tingkatan teratas, salah satunya adalah kemampuan menahan terjangan peluru senjata sekelas AK-47.

 

Performa model seri 7 F02 sendiri didukung oleh keberadaan mesin V8 turbo berkapasitas 4.4 L yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 443 hp. Jodie sendiri belum bisa memberi kepastian terkait kapan pihaknya mendapat kepastian mengenai kelanjutan pembaruan mobil kepresidenan itu. "Sampai saat ini belum ada informasi," katanya kepada Okezone Otomotof bulan lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini