nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Mobil Listrik Tidak Akan Murah Sekali Meski Dapat Insentif

Mufrod, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 09:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 52 2093656 harga-mobil-listrik-tidak-akan-murah-sekali-meski-dapat-insentif-lBnyK7D6cy.jpg Ilustrasi mobil listrik (foto: Ist)

JAKARTA - Beleid Perpres terkait kendaraan otomotif memang memberikan insetif pajak, namun tidak seperti negara kebanyakan yang memberikan insetif besar dari harga mobil listrik yang dijual produsen. Di Indonesia sendiri insentif hanya sebatas pajak kendaraan, sehingga harga yang akan ditawarkan pada mobil listrik tidak akan murah sekali.

Jika mengacu pada Pasal 17 ayat (1) yang berbunyi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memberikan insentif untuk mempercepat program kendaraan bermotor listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk transportasi jalan. Pada pasal (2) insetif yang diberikan pemerintah yakni fiskal dan non fiskal.

 Mobil listrik

Dengan demikian, insentif yang diberikan pemerintah sendiri untuk mobil listrik tidak akan sangat murah, bahkan kisaran harganya seperti diungkapkan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, hanya akan terpaut sekira 10-15% dari harga mobil dengan internal combustion.

 Mobil Listrik

"Tidak sangat murah, tetapi kalau sekarang bedanya 40% dengan kebijakan itu mungkin sekitar 10%-15% dari mobil yang combustion engine (konvensional)," ujar Airlangga.

Dalam Pasal 17 ayat (3) disebutkan bahwa insentif tersebut diberikan kepada perusahaan industri, perguruan tinggi atau lembaga penelitian dan pengembangan yang melakukan kegiatan penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi serta vokasi industri KBL Berbasis Baterai.

 

Selain itu juga kepada perusahaan industri yang mengutamakan penggunaan prototipe dan komponen yang bersumber dari perusahaan industri atau lembaga penelitian dan pengembangan yang melakukan kegiatan penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi serta vokasi industri KBL Berbasis Baterai dalam negeri.

Selanjutnya kepada perusahaan industri yang memenuhi TKDN yang melakukan produksi KBL Berbasis Baterai dalam negeri; perusahaan industri komponen KBL Berbasis Baterai; perusahaan industri KBL Berbasis Baterai Bermerek Nasional; perusahaan yang menyediakan penyewaan Baterai (battery swap) sepeda Motor Listrik; perusahaan industri yang melakukan percepatan produksi serta penyiapan sarana dan prasarana untuk penggunaan KBL Berbasis Baterai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini