Share

Bahan Bakar Solar B30 Diterapkan Tahun Depan, Pengujian B50 Sudah Dilakukan

Mufrod, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 19 52 2093660 bahan-bakar-solar-b30-diterapkan-tahun-depan-pengujian-b50-sudah-dilakukan-dFH1UyI6Ta.jpg Bahan Bakar Biodiesel (foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Jokowi meminta penggunaan bahan bakar biodiesel yang saat ini masih B20, untuk segera diperluas. Dimana tahun depan B30 sudah harus digunakan. Namun seiring dengan rencana tersebut, pengujian hasil pengembangan bahan bakar solar yang dicampur minyak kelapa yang melimpah di Indonesia tersebut sudah masuk pada grade B50.

Pengembangan biodisel B50 telah dilakukan Pusat Peneliti Kelapa Sawit, Dr M Ansori Nasution yang menganggap bahwa pengembangan bahan bakar tersebut telah melalui pengujian. Dimana B50 sudah melakukan uji jalan menggunakan kendaraan bermesin diesel yang masih baru keluar dari diler.

Biodiesel B30

"Kita lakukan uji jalan menggunakan mobil Toyota Innova yang baru keluar diler dan semuanya berjalan lancar, tidak ada masalah yang terjadi," ungkapnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

 

Ia menambahkan, bahan bakar dengan kandungan minyak kelapa sangat aman, bahkan pengujian yang baru saja dilakukan yang menggunakan bahan bakar solar dengan kandungan minyak kelapa 50 persen tidak menimbulkan masalah ataupun kendala teknis yang berarti.

Bahan bakar B50 bahkan telah melewati uji jalan di suhu dingin sekitar 17 derajat celcius. Sistem kerja mesin berjalan normal dan pembakaran dengan solar B50 juga bekerja dengan baik.

 Biodiesel B30

"Kita uji di suhu dingin yang dilakukan pada suhu 17 derajat celcius pada jam 4 pagi, tak ditemukan adanya pengendapan dari campuran minyak kelapa seperti yang dikhawatirkan," tutup Ansori.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini