nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Transmisi Terbaru Volkswagen Diklaim Turut Sumbang Efisiensi BBM

Medikantyo, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 12:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 19 52 2093733 teknologi-transmisi-terbaru-volkswagen-diklaim-turut-sumbang-efisiensi-bbm-GmakQfjV5X.jpg Contoh sistem transmisi manual Volkswagen (Foto: Ist)

BERLIN - Inovasi terus dilakukan oleh sejumlah produsen demi mencapai efisiensi penggunaan bahan bakar. Langkah yang dipilih oleh Volkswagen adalah pembaruan komponen transmisi manual, sehingga dapat diguanakan secara efektif oleh berbagai tipe kendaraan.

Model komponen dengan tajuk MQ281 tersebut, menjadi salah satu inovasi Volkswagen saat penggunaan transmisi otomatis dan dual clutch mulai bermunculan. Desain transmisi manual baru ini akan menggantikan dua model transmisi pendahulunya, MQ250 dan MQ350.

Pembangunan komponen transmisi manual MQ281 sendiri beriringan dengan tren penggunaan mesin berkapasitas lebih kecil dan menggunakan komponen turbo. Transmisi tersebut memiliki kemampuan menangani torsi besar pada putaran mesin lebih rendah karena adanya pemakaian turbocharger itu.

 Transmisi Manual

Pokok kunci lain dari komponen transmisi tersebut adalah kode 6F yang menyertai nama MQ281. Hal tersebut merujuk pada enam percepatan yang dimiliki, serta digunakan pada kendaraan dengan sistem penggerak roda depan. Teknologi transmisi terbaru dari Volkswagen ini akan terpasang pada seluruh mobil berukuran kecil produsen tersebut.

Kapasitas tampungan torsi pada transmisi manual terkini Volkswagen ini mencapai 338 Nm, dengan pengaruh lain seperti berat kendaraan. Rasio gir dari komponen ini berada di titik 7,89 sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara menggeber mobilnya dari gigi pertama, hingga mencapai kecepatan maksimal memasuki gigi keenam.

Terlepas dari tujuan utamanya sebagai komponen pada mesin bensin kapasitas lebih kecil dengan turbocharger, MQ281 bisa diadaptasikan pada rangkaian teknologi hybrid. Hal tersebut dimungkinkan dengan sambungan opsional dari motor listrik menuju casing gear box tersebut.

 Transmisi Manual

sistem transmisi manual dianggap sesuai untuk diletakkan pada kendaraan bermesin lebih kecil maupun tingkat pemula. Pemakaiannya akan semakin efisien mengingat tiadanya komponen hidrolik tambahan dan aktuator sehingga tidak terlalu banyak mengonsumsi energi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini